Mengapa Timbul Gangguan Mental Di Atas Usia 60 ?

Mengapa Timbul Gangguan Mental Di Atas Usia 60 ?
Usia di atas 60. foto/dok unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Penyebab : GANGGUAN MENTAL DI USIA KETIGA

Oleh : Arnaldo Liechtenstein, dokter*

Hajinews.id – Setiap kali saya mengajar kedokteran klinis kepada siswa di tahun keempat kedokteran, saya mengajukan pertanyaan berikut :

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Apa penyebab kebingungan mental pada lansia…?

Beberapa mengatakan : “Tumor di kepala”. Saya menjawab : Tidak!

Lainnya berkata : “Gejala awal Alzheimer.”
Saya jawab lagi : Tidak!

Dan setiap penolakan terhadap jawaban mereka, respons mereka tidak ada.

Dan mereka bahkan lebih bereaksi ketika saya daftar tiga penyebab paling umum :

  • Diabetes yang tidak terkendali;
  • Infeksi saluran kencing;
  • Dehidrasi.

Ini mungkin terdengar seperti lelucon, tetapi tidak. Orang berusia di atas 60 berhenti merasa haus dan akibatnya berhenti minum cairan.

Ketika tidak ada orang di sekitar untuk mengingatkan mereka untuk minum cairan, mereka akan cepat mengalami dehidrasi. Dehidrasi parah dan mempengaruhi seluruh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan gangguan mental yang tiba-tiba, penurunan tekanan darah, peningkatan debaran jantung, angina (nyeri dada), koma dan bahkan kematian.

Kebiasaan lupa minum cairan ini dimulai pada usia 60, ketika kita memiliki lebih dari 50% air yang seharusnya kita miliki dalam tubuh kita. Orang di atas 60 memiliki cadangan air yang lebih rendah. Ini adalah bagian dari proses penuaan alami.

Ada lebih banyak komplikasi. Meskipun mereka mengalami dehidrasi, mereka tidak merasa perlu minum air, karena mekanisme keseimbangan internal mereka tidak berfungsi dengan baik.

Kesimpulan :

Orang yang berusia di atas 60 tahun mudah mengalami dehidrasi, bukan hanya karena mereka memiliki persediaan air yang lebih kecil, tetapi juga karena mereka tidak merasakan kekurangan air dalam tubuh.

Meskipun orang di atas 60 tahun mungkin terlihat sehat, kinerja reaksi dan fungsi kimia dapat merusak seluruh tubuh mereka.

Jadi, inilah dua peringatan :

  1. Biasakan minum cairan.
    Cairan meliputi air, jus, teh, air kelapa, susu, sup, dan buah-buahan yang kaya air, seperti semangka, melon, persik, dan nanas; Jeruk juga termasuk. Yang penting adalah, setiap dua jam, Anda harus minum cairan. Ingat ini!
  2. Peringatan untuk anggota keluarga : terus-menerus tawarkan cairan kepada orang di atas 60. Pada saat yang sama, amati mereka.

Jika Anda menyadari bahwa mereka menolak cairan dan, dari hari ke hari berikutnya, mereka mudah tersinggung, terengah-engah atau kurang perhatian, ini hampir pasti merupakan gejala dehidrasi berulang.

*Arnaldo Liechtenstein (46), adalah seorang dokter umum di Rumah Sakit dan Klínik serta seorang professor yang bekerja di Departemen Kedokteran Klinik Fakultas Kedokteran Universitas São Paulo (USP).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *