Hikmah Pagi : Amalan yang Memudahkan Masuk Surga Tanpa Hisab

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id – Surga adalah balasan yang dijanjikan sebagai tempat tinggal bagi orang-orang yang bertakwa. Ada beberapa amalan yang menjadikan seseorang masuk surga tanpa dihisab. Apa saja?

Dari Abu Bakar ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Aku dianugerahi Allah 70.000 orang dari umatku masuk surga tanpa hisab. Wajah mereka tampak seperti bulan di malam purnama. Hati mereka semuanya sama. Lalu, aku memohon tambahan kepada Allah dan Allah menambahkan untukku setiap satu orang menjadi 70.000 orang.” (HR. Ahmad dalam Musnad dengan sanad yang shahih).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Amalan-amalan yang memudahkan masuk surga tanpa hisab

Selain orang-orang yang telah ditetapkan sebagai orang terdahulu yang masuk surga-Nya, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan setiap muslim untuk memudahkan masuk surga tanpa hisab.

1. Selalu mengingat Allah di waktu luang maupun sempit

Mengingat Allah SWT dapat dilakukan dengan berdzikir. Rabi’ Abdur Rauf Az-Zawawi dalam bukunya Al-Baqiyatus Shalihat mengatakan, dzikir merupakan salah satu amalan abadi yang tidak merugikan.

2. Mengerjakan sholat tepat pada waktunya

Abdul Nashir Balih dalam bukunya Masuk Surga Tanpa Hisab menjelaskan, orang yang menunaikan sholat tepat pada waktunya termasuk salah satu golongan orang yang masuk surga tanpa hisab.

Sholat tepat waktu juga termasuk satu dari tiga amalan yang amat dicintai Allah SAW. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits yang berasal dari Abu ‘Abdirrahman ‘Abdullah bin Mas’ud RA, dia bercerita: “Aku pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, ‘Amal apa yang paling dicintai Allah Ta’ala? ‘Beliau Rasulullah SAW: “Sholat pada waktunya.’Lalu apa lagi’, tanyaku. Beliau pun menjawab: ‘Berbakti kepada kedua orang tua.’ Kemudian apa lagi,’tanyaku lebih lanjut. Maka beliau menjawab: “Jihad di Jalan Allah.’ (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

3. Meringankan beban orang lain

Masih dalam buku yang sama, meringankan beban orang lain termasuk salah satu amalan yang akan memudahkan untuk masuk surga tanpa hisab.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, dikatakan bahwa Allah SWT akan meringankan beban di dunia dan akhirat bagi orang yang meringankan beban orang lain.

Dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat, dan barangsiapa yang meringankan (beban) seorang muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat. (HR. Muslim).

Selain ketiga amalan di atas, silaturahmi juga menjadi jalan untuk memudahkan setiap orang menuju surga.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *