Di Saat Indonesia Berjibaku Melawan Covid-19, RS di Negara Miskin Ini Berdebu Karena Jarang ada Pasien

Kapasitas 910 Tempat Isolasi Ruang isolasi virus Corona atau Covid-19 di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. (Foto: Dokumentasi Kementerian Agama)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Indonesia kini tengah menghadapi badai Covid-19 karena lonjakan penderita Covid-19 yang begitu tinggi.

Bahkan situasi di Indonesia disebut paling mencekam saat ini, pemerintah sampai melakukan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pada saat yang sama situasi ini malah kontras dengan negara yang paling dikawatirkan WHO ini.

Menurut 24h.com.vn, pada Minggu (18/7/21), sebuah negara yang dulunya paling dikhawatirkan bisa menjadi episentrum Covid-19 malah bebas.

Negara tersebut adalah Niger, negara miskin di Afrika dengan penduduk 25 juta orang.

Saking amannya situasi di Niger, sebuah rumah sakit perawatan Covid-19 di Ibu kota Niger, Niamy hampir kosong selama beberapa bulan terakhir.

Fasilitas itu sampai dipenuhi debu karena tak ada pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit tersebut.

Di jalanan, orang-orang niger juga tidak menggunakan masker, dengan hari-hari berlalu tanpa ada yang positif Covid-19.

Permintaan vaksinasi di negara itu sangat rendah sehingga pemerintah Niger harus mengirim ribuan dosis vaksin ke luar negeri, menurut Wall Street Journal (WSJ).

Surat kabar Amerika itu menggambarkan Niger sebagai negeri yang telah dilupakan oleh virus SARS-CoV-2.

Niger pernah dinilai oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai salah satu negara paling rentan terhadap Covid-19 di Afrika.

Hingga saat ini, banyak negara Afrika dilanda epidemi Covid-19, tetapi Niger berbeda.

Negara ini semakin tidak melihat kasus baru infeksi Covid-19.

Menurut WSJ, penyebabnya mungkin terletak pada lokasi geografis dan lingkungan iklim.

Niger terletak di tepi selatan Gurun Sahara, memiliki iklim kering panas, populasi muda dan orang-orang hidup terpisah, dengan sedikit hubungan antar wilayah.

Niger dianggap sebagai objek penelitian penting bagi ahli virologi yang ingin memahami perkembangan Covid-19, menurut para ahli.

Dokter memperingatkan bahwa penyebaran strain Delta dan pembukaan kembali perbatasan dalam beberapa pekan terakhir dapat menimbulkan risiko bagi sistem kesehatan Niger, karena sebagian besar penduduknya yang tidak divaksinasi.

Namun di ibu kota, Niamey, tidak banyak tanda-tanda dampak Covid-19.

Di Le Pilier, sebuah restoran mewah di Niamey, pemiliknya mengatakan bahwa akhir pekan di sini biasanya penuh dan omset harian masih sama seperti sebelum epidemi.

Penjualan restoran turun pada musim semi 2020, ketika Niger menutup wilayah udaranya, tetapi segalanya dengan cepat pulih setelah itu.

Sani Issoufou, menteri perminyakan Niger, berkata sambil tersenyum, “Di sini, kita masih hidup seperti 2019.”

Niger adalah negara berpenduduk 25 juta orang, luas dua kali lipat Texas, AS, saat ini telah mencatat sekitar 5.500 infeksi Covid-19 dan 194 kematian sejak wabah pada Maret 2020.

“Kami pikir jumlah kasus Covid-19 akan meroket, tetapi itu tidak pernah terjadi,” kata Adamou Foumakoye Gado, ahli anestesi di unit perawatan intensif Covid-19 terbesar di Niger.

“Masa hidup virus SARS-CoV-2 di sini sangat pendek,” kata Gado sambil berjalan melewati koridor sepi dari klinik 70 tempat tidur. Rumah sakit ini tidak lagi menerima pasien aktif sejak April.

Gado juga dipindahkan ke tim yang menangani epidemi malaria yang lebih mengkhawatirkan.

Pada akhir Mei, Niger membuat langkah langka berani di tengah pandemi untuk meminjamkan 100.000 jatang dosis vaksin AstraZeneca ke Pantai Gading, dan negara Afrika Barat lainnya.

Ruangan rumah sakit di Niger yang kosong, karena tak ada pasien Covid-19 di negara ini.

Meskipun memiliki populasi yang sama, Pantai Gading berukuran empat kali lebih kecil dan memiliki 10 kali lebih banyak kasus daripada Niger.

Sementara itu, di pusat pengujian utama di ibu kota, Niamey, hari-hari berlalu tanpa ada yang positif, 4 banguan isolasi besar yang didirikan di awal pandemi selalu dibiarkan kosong.

“Iklim (panas dan kering) sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup virus di dalam tubuh manusia,” kata Dr. Gado.

“Itu adalah keberuntungan kami,” tambahnya.

Studi menunjukkan bahwa sinar matahari dan suhu tinggi secara signifikan mengurangi risiko penularan virus melalui jalur permukaan dan udara.

Sebuah tes simulasi di situs web Departemen Kesehatan AS menunjukkan bahwa tingkat infeksi virus SARS-CoV-2 di ibu kota, Niamey, berkurang setengahnya dibandingkan dengan New York City.

Tes memperhitungkan faktor-faktor seperti rata-rata paparan UV, suhu, dan kelembaban.

Selain iklim, Niger memiliki populasi termuda di dunia, dengan 50% warganya berusia di bawah 15 tahun.

Mayoritas orang Nigeria tinggal di daerah terpencil, menciptakan hambatan tambahan terhadap penyakit.

“Niger memiliki komunitas ternak besar, di mana orang menghabiskan banyak waktu di luar ruangan dengan ventilasi yang baik,” kata Osman Dar, pakar sistem kesehatan global di lembaga kebijakan Chatham House, Inggris.

“Kedua hal ini juga berperan penting dalam mengurangi infeksi,” katanya.

Langkah-langkah pencegahan epidemi pemerintah Niger juga efektif.

Niger mengunci, melarang kebaktian gereja dan menutup perbatasannya pada Maret 2020, lima bulan sebelum negara-negara Barat seperti Inggris mulai membatasi perjalanan.

“Kami memukul lalat dengan palu,” kata Presiden Niger Mohamed Bazoum.

“Virus SARS-CoV-2 datang ke sini tetapi tidak pernah berkembang,” katanya.

Meskipun tidak terpengaruh secara signifikan oleh Covid-19, ekonomi Niger telah hancur oleh perubahan iklim dan munculnya ekstremis.

Sebelum pandemi, hampir setengah dari penduduk Nigeria hidup dalam kemiskinan absolut.

Pada tahun 2020, jumlah ini akan meningkat 400.000 orang, menurut perkiraan Bank Dunia.

Di jalan-jalan Niamey, jumlah pengemis meroket, kata pejabat setempat.

Moussa Soumoula, seorang sopir taksi di Niger, tidak khawatir tentang mendapatkan vaksin Covid-19 tetapi khawatir dengan cara menghasilkan uang untuk menghidupi keluarganya.

“Dari 300 orang tempat saya tinggal, hanya satu yang dinyatakan positif,” kata Soumoula.

Yang membuat Soumoula khawatir adalah bagaimana membayar 200 dollar AS untuk biaya sekolah anak-anaknya, yang menjadi hutangnya, setelah pemerintah membatasi jumlah penumpang di setiap naik taksi.

“Covid-19 tidak pernah benar-benar menginjakkan kaki di Niger, tetapi kami masih hidup dalam kelelahan,” kata sopir taksi itu. (dbs).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar