Inilah 3 Alasan Mengapa Bulan Muharram Disebut Bulan Mulia

Inilah 3 Alasan Mengapa Bulan Muharram Disebut Bulan Mulia
Inilah 3 Alasan Mengapa Bulan Muharram Disebut Bulan Mulia
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Terdapat empat bulan yang mulia di dalam Islam, yang disebut berurutan, yakni Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rojab. Keempatnya dinamakan dengan asyhurul hurum (bulan-bulan mulia).

Disebutkan dalam QS. At-Taubah ayat 36,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ (التوبة : 36)

Artinya : “Sesungguhnya bilangan bulan menurut Allah ialah dua belas bulan pada ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”

Imam Zamakh Syari dalam Fath Al-Qadir menegaskan, bulan Muharram disebut juga dengan syahrullah (bulan Allah), disandarkan pada lafazh jalalah ‘Allah’ untuk menunjukkan mulia dan agungnya bulan tersebut, sebagaimana pula kita menyebut ‘Baitullah‘ (rumah Allah) atau ‘Alullah‘ (keluarga Allah) ketika menyebut Quraisy.

Dilansir pada 28 Agustus 2020, berikut alasan-alasan mengapa bulan Muharram dinamakan sebagai bulan yang mulia di dalam keyakinan orang Islam:

1. Dilarang melakukan pembunuhan

Alasan pertama mengapa bulan pertama dalam hitungan tahun hijriyah dinamakan bulan Muharram sebab di bulan ini dahulunya orang-orang zaman jahiliyah dilarang keras untuk melaklukan pembunuhan. Bulan ini adalah bulan yang mulia, tidak boleh ada seorang pun yang membunuh jiwa manusia lain. Begitu pula di masa sekarang umat manusia juga diharamkan untuk melakukan perbuatan membunuh.

2. Dilarang melakukan maksiat

Alasan kedua mengapa bulan ini dinamakan bulan Muharram juga dikarenakan di bulan ini Allah melarang hamba-Nya melakukan kemaksiatan. Memang di bulan-bulan lain Allah juga melarang, akan tetapi di bulan Muharram ini sangat amat ditegaskan larangan tersebut. Sebab bulan Muharram adalah bulan Allah.

3. Pantang untuk tidak beramal baik

Adapun alasan ke tiga mengapa dinamakan bulan Muharram sebab bulan tersebut umat Nabi Muhammad pantang untuk tidak beramal baik. Bulan Allah ini umat Nabi Muhammad harus menghiasi kesehariannya dengan amalan-amalan baik, seperti berpuasa sunah, sedekah, silaturahmi, dan lain sebagainya.

Itulah 3 alasan mengapa bulan Muharram dijuluki sebagai bulan yang mulia. Semoga di awal tahun baru hijriah ini ibadah Anda semakin baik dan maksimal. Sehingga bisa menjadi bekal kelak ketika datang yaumul hisab. Amin.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *