Hikmah Siang : 4 Salat Sunah yang Diyakini Dapat Memperlancar Rezeki

Rahasia Rezeki
Rahasia Rezeki
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Dalam ajaran Islam, salat sudah ditetapkan kewajibannya sebanyak lima waktu. Salat wajib ini tidak boleh ditinggalkan seseorang dalam keadaan apa pun.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Perintah untuk melaksanakan salat lima waktu sudah tercantum dalam QS. Al-Isra ayat 78 yang artinya:

“Dirikanlah salat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula salat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).”

Selain itu, dalam QS. An-Nisa ayat 103 juga menyatakan dengan jelas bahwa salat adalah kewajiban bagi umat muslim.

“Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah salat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”

Perihal salat, ternyata kewajiban itu juga bisa memberikan kita kelancaran rezeki. Ada beberapa salat sunah yang sering disebut dengan salat tarik rezeki. Hampir semua doanya, khusus untuk memohon rezeki yang halal, berkah, dan melimpah.

Mungkin, sebagian dari kita menganggap kalau rezeki adalah hal yang nampak oleh mata, seperti berupa uang dan materi. Namun, nyatanya rezeki bukan hanya bernilai fisik, tetapi juga kesehatan dan lain sebagainya.

“Siapa yang pagi-pagi merasa aman rumah tangganya, sehat badannya dan mempunyai makanan untuk hari itu, maka bagaikan telah berkumpul baginya dunia dan seisinya.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah dan lainnya)

Dilansir dari beberapa sumber, terdapat tiga salat sunah yang dapat memberikan kita kelancaran rezeki. Apa saja itu? Simak selengkapnya di sini, yuk!

1. Salat dhuha

Salat sunah dhuha merupakan salat yang dilakukan ketika matahari sedang terbit sampai menjelang masuk waktu zuhur. Salat ini dilaksanakan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Salat ini diyakini sebagai salat sunah yang dapat menggantikan sedekah untuk seluruh persendian di dalam tubuh.

Berdasarkan hadits riwayat Muslim, dari Abu Dzar, Nabi Muhammad SAW bersabda:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

Artinya: Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan sholat Dhuha sebanyak 2 raka’at.

Selain itu, terdapat hadis lainnya yang dapat memperjelas bahwa salat sunah dhuha dapat memperlancar rezeki.

“Wahai anak Adam janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya aku cukupi untukmu (kebutuhan) di akhir hari itu.” (HR Ahmad)

2. Salat tahajud

Di antara banyaknya salat sunah, terdapat salat tahajud yang dipercaya dapat membuka pintu rezeki.

Salat tahajud juga merupakan salah satu ibadah yang sangat disukai Allah SWT dan salat yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW. Salat sunah ini menjadi media yang mustajab untuk menghantarkan doa-doa kita kepada Allah SWT.

“Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman: ‘Barang siapa yang menyeru-Ku , akan aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, aku perkenankan permintaannya. Dan barang siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, aku ampuni dia,” (HR Bukhari dan Muslim)

Bahkan, salat ini juga menjadi salat utama setelah salat wajib. Hal ini dijelaskan dalam suatu hadis yang berbunyi: “Salat yang paling utama setelah salat wajib adalah salat yang dilakukan di malam hari.” (HR Muslim)

3. Salat Hajat

Salat hajat adalah ibadah yang dilakukan ketika seseorang memiliki suatu keinginan ataupun hajat. Salat sunah ini dapat menjadi media yang bisa dilakukan untuk memohon diberikan kelancaran rezeki.

Salat hajat pula merupaka satu bentuk ikhtiar agar keingin kita dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Baik keinginan yang berkaitan dengan rezeki, jodoh, hingga perlindungan dari perkara-perkara mudarat.

“Siapa yang berwudu dan sempurna wudunya, kemudian salat dua rakaat (sholat hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah berikan apa yang dia pinta cepat atau lambat.” (HR Ahmad)

Salat hajat ini dapat dilakukan kapan saja, kecuali pada waktu-waktu yang dilarang untuk melakukan salat dan dilakukan sebanyak 2-12 rakat dengan salam di setiap 2 rakaat.

4. Salat sunah fajar

Salat sunah fajar adalah salat sunah sebelum salat Subuh yang dimulai setelah azan berkumandang, bukan sebelum azan berkumandang.

“Ya Allah berkahilah umatku di waktu paginya” (HR Abu Dawud)

Selain itu, salat fajar ini lebih baik dari dunia dan seisinya, seperti sabda Rasulullah SAW berikut, “Dua rakaat fajar lebih baik daripada dunia dan seisinya” (HR Muslim)

Maka dari itu, salat sunah ini pun diyakini dapat memberikan kelancaran rezeki bagi kamu yang melakukannya.

Itulah beberapa salat sunah yang dapat dilakukan untuk membuka dan memperlancar rezeki.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *