Inilah Manfaat dan Doa Meminum Air Zamzam, Dapat Mengandung Berkah yang Melimpah

Manfaat dan Doa Meminum Air Zamzam
Manfaat dan Doa Meminum Air Zamzam
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Bagi umat Islam, air zamzam adalah air yang sangat istimewa dan tentunya berbeda dengan jenis air lainnya. Jika mendengar air zamzam, maka hal ini langsung mengingatkan kita pada kisah Nabi Ismail as. Di mana saat itu sang ibu, yakni Siti Hajar, harus berusaha mencari air untuk putranya, Nabi Ismail as. Siti Hajar pun berlari di antara bukti Safa dan Marwa, namun tidak juga menemukan air.

Hingga akhirnya Nabi Ismail as menghentakkan kakinya dan seketika langsung muncul mata air dengan airnya yang masih tersedia sampai sekarang. Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, zamzam sendiri adalah kata dari bahasa Arab yang berarti melimpah atau yang banyak. Mata air itu ada di sekitar Ka’bah dan tidak pernah kering, serta selama ini telah menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat di sekitarnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Karena memiliki keistimewaan dibanding dengan air lainnya, air zamzam ini menjadi salah satu oleh-oleh yang biasanya dibawa oleh para jamaah haji maupun umroh. Dan setiap orang pun selalu menunggu-nunggu untuk bisa meminum air zamzam tersebut meskipun hanya seteguk yang disertai dengan doa meminum air zamzam.

Nah, untuk mengetahui secara lebih lengkap tentang apa saja manfaat dari air zamzam dan bacaan doa meminum air zamzam, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui merdeka.com dan islam.nu.or.id.

Manfaat Minum Air Zamzam

Sudah ada banyak sekali tulisan yang membahas tentang air zamzam, terutama manfaat yang dihasilkan dari air istimewa ini. Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, salah satu buku yang membahas tentang air zamzam adalah berjudul The True Power of Water oleh Masaru Emoto.

Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa air zamzam mempunyai molekul yang beraturan. Molekul tersebut berbentuk kristal yang sangat indah berkilauan dan teratur. Bahkan Emoto juga mengatakan bahwa selama melakukan penelitian, hanya air zamzam lah yang memiliki molekul paling teratur.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Thabrani pun menjelaskan tentang keistimewaan air zamzam tersebut:

Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zamzam. Air tersebut bisa menjadi minuman yang mengenyangkan dan penawar rasa sakit.” (HR. Thabrani).

Berikut adalah beberapa manfaat air zamzam yang perlu sahabat Dream ketahui seperti dikutip dari merdeka.com:

Bisa Mengampuni Dosa

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan umat Islam agar diampuni dosa-dosanya. Salah satunya adalah dengan meminum air zamzam dan sebelumnya tidak lupa untuk membaca doa meminum air zamzam terlebih dahulu. Hal ini pun dijelaskan dalam sebuah hadis berikut ini:

Siapa yang mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali (tawaf), sholat di belakang makam Ibrahim, dan meminum air zamzam niscaya akan diampuni semua dosanya.” (HR. Al Wahidi).

Mewujudkan Segala Sesuatu Sesuai Niat

Setiap orang tentu memiliki harapan yang ingin segera terwujud. Dalam Islam, Allah SWT memerintahkan kepada hamba-Nya untuk selalu berdoa sebagai upaya untuk memohon keinginannya tersebut. Selain itu, keinginan tersebut juga bisa diwujdukan sesuai dengan niatnya melalui air zamzam. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis berikut ini:

Air zamzam itu berkhasiat sesuai denga napa yang diniatkan.” (HR. Ibnu Majah).

Manfaat Minum Air Zamzam

Mengobati Segala Macam Penyakit

Setiap penyakit yang diturunkan Allah SWT tentu ada penawarnya. Namun jika biasanya dalam suatu penyakit aka nada obatnya secara khusus untuk penyakit tersebut. Namun berbeda dengan air zamzam yang mampu untuk mengobati segala macam penyakit. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis berikut ini:

Air zamzam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan. Jika engkau meminumnya dengan niat meminta kesembuhan maka Allah akan menyembuhkanmu, dan jika engkau meminumnya dengan niat agar dahagamu hilang maka Allah akan menghilangkan dahagamu. Ia adalah galian jibril dan siraman Allah kepada Ismail” (H.R Ibnu Abbas dan Al Hakim).

Menghilangkan Kemunafikan

Manfaat air zamzam berikutnya adalah bisa menghilangkan kemunafikan. Hal ini pun dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas berikut ini:

Meminum air zamzam sampai puas bisa menghilangkan kemunafikan.” (HR Ibnu Abbas).

Ada Banyak Berkah

Ketika ada anggota keluarga, sanak saudara, atau teman yang baru saja pulang dari menunaikan ibadah haji atau umroh, kita biasanya turut hadir untuk bersilaturahmi ke rumahnya. Selain mendengarkan cerita-cerita selama berada di tanah Arab, hal yang tak ingin ditinggalkan adalah bisa turut meminum air zamzam yang dibawa dari Makkah.

Hal ini karena dengan minum air zamzam yang diawali dengan membaca doa meminum air zamzam mampu mendatangkan berkah yang melimpah. Seperti dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad berikut ini:

Ia (air zamzam) mengandung banyak berkah dan bisa menghilangkan rasa lapar.” (HR. Ahmad).

Doa Meminum Air Zamzam

Sebelum mengonsumsi air zamzam, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa meminum air zamzam terlebih dahulu. Berikut adalah bacaannya yang bisa sahabat Dream hafalkan:

اللهمإنهبلغنيأللهموإنيأشربهلتغفرليولتفعلبيكذاوكذافاغفرليأوافعل

Allahumma innahu balaghani, allahumma wa inni asyrabahu li taghfira li wa li taf’ala bi kadza wa kadza faghfir li awif’al.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya air telah datang kepadaku. Ya Allah, sesungguhnya aku meminum air zam zam ini (dengan maksud) agar Engkau mengampuniku dan agar Engkau mengabulkan keinginanku (sebutkan keiginannya). Maka ampunilah aku dan kabulkan keinginanku.”

Itulah penjelasan tentang beberapa manfaat air zamzam yang akan dirasakan oleh mereka yang mengonsumsinya. Dan doa meminum air zamzam yang dianjurkan untuk dibaca sebelum mengonsumsinya.

 

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *