Inilah 5 Keistimewaan Mengulang Doa dalam Islam

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Berdoa merupakan ibadah dengan meminta petunjuk kepada Allah SWT. Di dalam Islam juga mengulang doa sangat disarankan. Kendati begitu, rupanya tidak banyak yang mengetahui keistimewaan di balik mengulang doa.

Berikut lima keistimewaan mengulang doa dalam Islam, yang dilansir dari Dalam Islam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Sunnah Rasulullah

Dikatakan, mengulang doa merupakan kebiasaan dari Rasulullah SAW yang bisa kita teladani. Hal itu diungkap dari Ibnu Mas’ud radiyallahu ‘anhu.

“Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam sangat menyukai berdoa (dengan mengulang) tiga kali dan istighfar tiga kali.”

 

2. Menghindari Murkanya Allah SWT

Doa yang dipanjatkan terus-menerus dan dilakukan secara berulang-ulang dapat menghindarkan dari murkanya Allah SWT. Hal itu telah diungkap lewat surat Ghafir ayat 60.

“Berdo’alah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk Neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.”

 

3. Mendapatkan Pahala Berkali-Kali Lipat

Mengulang doa yang sudah dipanjatkan sebelumnya bisa bermanfaat bagi umat muslim yang senantiasa ikhtiar dan terus beribadah. Salah satunya bisa mendapat pahala berkali-kali. Hal itu diungkap oleh Nabi SAW, salah satunya adalah bahwa “Doa adalah ibadah”.

 

4. Menunjukkan Ketawakalan

Berdoa yang dilakukan secara berulang-ulang, itu menandakan adanya sebuah ketawakalan dalam beribadah. Hal itu disampaikan oleh Allah SWT, yang berfirman:

“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu” (Al-Mu’min/Ghafir: 60).

“Dan hanya kepada Allah-lah kalian bertawakal, jika kalian benar-benar orang yang beriman” (QS. Al-Maidah: 23).

 

5. Menguatkan Iman

Mengulang doa bisa menguatkan iman seseorang. Hal itu diungkap oleh Rasulluah SAW, di mana ia bersabda:

“Barang siapa di antara kalian telah dibukakan baginya pintu doa, pasti dibukakan pula baginya pintu rahmat, dan tidaklah Allah diminta sesuatu yang lebih Dia senangi dari pada diminta kesehatan (atau keselamatan).”.(dbs)

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *