Dapatkah Ruh Orang Mati Dapat Melihat Kita yang Masih Hidup?

Dapatkah Ruh Orang Mati Dapat Melihat Kita
Dapatkah Ruh Orang Mati Dapat Melihat Kita
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Pertanyaan tentang apakah ruh manusia yang sudah meninggal dunia dapat mendengar suara dan melihat seseorang yang masih hidup, terjawab. Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah, KH. Yahya Zainul Ma’arif (Buya Yahya) menjawabnya dalam sebuah tayangan Youtube.

Buya Yahya menegaskan bahwa banyak hadis-hadis sahih yang menjelaskan hal tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Orang meninggal dunia mendengar omongan. Bahkan dalam hadis juga waktu ada orang mau kubur dia akan mendengar terompah kaki berjalannya. Dia mendengar semuanya,” kata Buya Yahya, dilansir dari video kanal YouTube Al-Bahjah TV, Senin (21/02/2022).

Ulama kelahiran Blitar, Jawa Timur itu menjelaskan bahwa seseorang yang masih hidup dengan ruh orang meninggal akan berada di tempat yang berbeda.

“Ketika seseorang meninggal dunia, jasadnya akan dikuburkan, Sementara ruhnya menuju alam barzah. Alam barzah itu beda dengan alam dunia, sampai Imam Malik mengatakan mereka itu punya ruh mutlak tidak terikat materi,” terangnya.

Berdasarkan hadis, Buya Yahya mengatakan bahwa orang yang telah meninggal bukan hanya bisa mendegar ucapan dari orang yang masih hidup, tetapi juga bisa melihat secara luas.

“Artinya bisa melihat dengan cara undang-undang di alam barzah. Bisa melihat Amerika, Jepang dan sebagainya dalam waktu sesaat. Cuma cara pandangnya bukan cara pandang syahwat,” sambungnya.

Berdasarkan kesimpulan di atas, Buya Yahya meyakini bahwasannya ruh bisa mendengar dan juga melihat orang yang masih hidup.

Bahkan Buya Yahya juga mengatakan telah banyak hadis sahih yang menjelaskan mengenai ruh orang meninggal yang bisa mendengar ucapan orang yang masih bernyawa.

 

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *