Breaking News, PM Pakistan Imran Khan Dilengserkan dari Jabatannya

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, Hajinews.id — Perdana Menteri (PM) Pakistan Imran Khan telah digulingkan dari kekuasaan setelah kehilangan mosi tidak percaya dalam kepemimpinannya.

Pemungutan suara diadakan lewat tengah malam setelah partai-partai oposisi mengajukan mosi menentangnya, yang dikuatkan oleh Mahkamah Agung.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Imran Khan mengatakan bahwa dirinya tidak akan mengakui pemerintah oposisi. Dia pun mengklaim bahwa ada konspirasi pimpinan AS untuk menyingkirkannya.

Majelis sekarang akan menunjuk perdana menteri baru. Parlemen Pakistan akan bertemu untuk memilih pemimpin baru negara itu pada Senin 11 April 2022.

PM Pakistan terpilih akan dapat memegang kekuasaan hingga Oktober 2023, ketika pemilihan berikutnya akan diadakan.

Ayaz Sadiq, yang bertanggung jawab atas majelis nasional sementara. Imran Khan menjadi perdana menteri Pakistan pertama yang digulingkan melalui mosi tidak percaya.

Mahkamah Agung memutuskan Imran Khan telah bertindak inkonstitusional ketika dia memblokir mosi tidak percaya dan membubarkan parlemen. Hal ini membuat beberapa anggota oposisi marah dan menuduh perdana menteri itu makar.

Beberapa menit sebelum pemungutan suara dimulai, Ketua Majelis Rendah Parlemen Pakistan mengumumkan pengunduran dirinya. Anggota partai Mr Khan (PTI) meninggalkan gedung, bersikeras dia adalah korban konspirasi internasional.

Partai-partai oposisi mampu mengamankan 174 suara di majelis yang beranggotakan 342 orang itu untuk mendukung mosi tidak percaya, sehingga menjadikannya suara mayoritas.

Dalam sebuah tweet, pemimpin oposisi Shehbaz Sharif mengatakan Pakistan dan parlemennya “akhirnya dibebaskan dari krisis serius”.

“Selamat kepada bangsa Pakistan atas fajar baru,” imbuhnya.

Sementara itu, senator PTI Faisal Javed Khan mengatakan pria berusia 69 tahun itu berjalan keluar dari kediaman perdana menterinya “dengan anggun dan dia tidak sujud”. Dia melanjutkan bahwa Imran Khan telah “mengangkat seluruh bangsa”.

Mantan kapten tim kriket nasional Pakistan terpilih sebagai perdana menteri pada 2018, dan berjanji untuk memerangi korupsi dan memperbaiki ekonomi. Tetapi janji-janji itu tidak terpenuhi dengan negara yang dicengkeram oleh krisis keuangan.

Pada akhir Maret, serangkaian pembelotan membuatnya kehilangan mayoritas dan membuatnya berjuang untuk karir politiknya.

Wartawan BBC Secunder Kermani mengatakan Imran Khan secara luas dianggap telah berkuasa dengan bantuan tentara Pakistan, tetapi sekarang pengamat mengatakan mereka telah jatuh.

Imran Khan telah berulang kali mengatakan bahwa partai-partai oposisi Pakistan bekerja sama dengan kekuatan asing. Dia juga mengklaim bahwa dia adalah target konspirasi yang dipimpin AS untuk menyingkirkannya karena penolakannya untuk berdiri dengan Washington dalam masalah melawan Rusia dan China.

AS telah mengatakan “tidak ada kebenaran” dalam tuduhan ini, dan Imran Khan tidak pernah memberikan bukti apa pun. Dia mengunjungi Moskow untuk bertemu Presiden Vladimir Putin saat Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina dan sebelumnya mengkritik apa yang disebut pemerintahan Bush sebagai perang melawan teror.

Pemungutan suara hari Sabtu dilakukan setelah anggota parlemen oposisi mengajukan mosi tidak percaya ke parlemen Minggu lalu, dalam upaya untuk menggulingkan Khan dari kekuasaan.

Namun, Wakil Ketua Parlemen Qasim Suri – seorang anggota partai politik Khan – dengan cepat memblokir pemungutan suara itu, dengan mengatakan itu menunjukkan “campur tangan asing”.

Suri juga mengatakan bahwa itu bertentangan dengan konstitusi, yang menyerukan kesetiaan kepada negara.

Pemerintahan Imran Khan kemudian membubarkan parlemen dan menyerukan pemilihan cepat diadakan. Hal ini membuat marah beberapa anggota oposisi, dengan beberapa menuduh perdana menteri melakukan pengkhianatan karena menghalangi pemungutan suara.

Tokoh oposisi mengajukan petisi ke Mahkamah Agung untuk menilai situasi.

Pada hari Kamis, pengadilan tinggi Pakistan memutuskan bahwa keputusan Khan untuk menghentikan pemungutan suara adalah tidak konstitusional. Ini memerintahkan bahwa mosi tidak percaya harus dilanjutkan lagi. Namun kebuntuan atas pemungutan suara berlanjut hingga Sabtu malam, mendorong ketua majelis rendah parlemen – Asad Qaiser, sekutu Khan – untuk mengundurkan diri.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *