Ini 5 Amalan Sunnah Nuzulul Quran, Dapat Melipatgandakan Pahala

Amalan Sunnah Nuzulul Quran
Amalan Sunnah Nuzulul Quran
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idNuzulul Quran merupakan salah satu momen yang paling spesial saat bulan Ramadan. Umat Islam memperingati kejadian istimewa itu setiap malam 17 Ramadan yang tahun ini akan jatuh pada Senin, 18 April 2022. Terdapat amalan sunnah Nuzulul Quran yang sayang untuk dilewatkan umat muslim.

Sebelum mengetahui apa saja amalan sunnah Nuzulul Quran, alangkah baiknya untuk tahu pengertiannya terlebih dahulu. Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya ayat Al Quran secara keseluruhan dari Lauhul Mahfud di langit ketujuh ke Baitul Izzah atau langit dunia. Allah memberikan wahyu itu kepada Nabi Muhammad melalui perantara malaikat Jibril sebagai petunjuk untuk manusia.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Peristiwa bersejarah tersebut juga tercantum dalam Al Quran surah Al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi:

“Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” 

Sebagai salah satu malam yang penuh keistimewaan di dalamnya, sayang jika peristiwa Nuzulul Quran terlewatkan begitu saja. Selain ibadah wajib, umat muslim juga dapat mengerjakan amalan sunnah saat peringatan Nuzulul Quran tiba.

Lantas apa saja amalan sunnah Nuzulul Quran yang dimaksud? Simak ulasannya berikut ini.

5 Amalan Sunnah Nuzulul Quran 

1. Memperbanyak Membaca Al Quran 

Sebagai peringatan peristiwa turunnya Al-Qur’an, tentu malam Nuzulul Quran menjadi malam yang dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an. Bahkan Allah akan melipatgandakan kebaikan kepada orang yang membaca Al-Qur’an saat nuzulul qura.

Selain mendapat pahala memperbanyak membaca Al-Qur’an juga dapat mengingatkan kita terhadap perjuangan Nabi dalam menyampaikan kebenaran melalui ayat-ayat suci.

2. Memperbanyak Berzikir 

Allah sangat menyukai hamba-Nya yang gemar berzikir. Dengan begitu saat peristiwa Nuzulul Quran tiba, momen itu tidak berlalu secara sia-sia. Karena setiap dzikir yang kita lantunkan akan mendapat pahala yang berlimpah dari Allah SWT.

3. Sholawat 

Manfaat membaca sholawat sangatlah besar bagi umat Islam yang gemar mengamalkannya. Apalagi saat peringatan Nuzulul Quran, umat Islam dianjurkan untuk bersholawat. Sholawat juga akan menjadikan kita sebagai golongan orang-orang yang dirahmati.

4. Sholat Malam 

Amalan sunnah Nuzulul Quran yang selanjutnya yaitu sholat malam. Nabi Muhammad mengajarkan kepada umatnya untuk mengerjakan sholat malam antara setelah sholat Isya dan sholat Subuh. Sholat malam yang dimaksud diantaranya yaitu sholat tarawih, sholat witir, dan sholat tahajud.

5. Istighfar 

Amalan yang tarahir yaitu membaca istighfar. Setiap manusia pasti memiliki dosa, entah sedikit atau pun banyak. Untuk melebur segala dosa tersebut, Nabi memerintahkan umat muslim untuk mengucap kalimat istighfar sebanyak-banyaknya. Maka segala dosa perlahan akan terkikis dan Isnya Allah, Allah akan memberikan ampunan-Nya.

Demikian ulasan mengenai amalan sunnah Nuzulul Quran yang sayang untuk dilewatkan. Semoga kita semua termasuk umat yang selalu dirahmati Allah SWT.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *