Lanjutkan Bosda, Wagub Emil Dardak: Pesantren Tempat Ekonomi Rakyat Berputar

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Pesantren adalah tempat ekonomi rakyat yang sebenarnya berputar. Wakil Gubernur yang juga Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PW IPHI) Jawa Timur, Emil Dardak menyebut, santri adalah bagian dari generasi milenial yang potensial.

“Di sanalah ekonomi umat yang sebenarnya berputar. Kita tahu dua tahun terakhir terkena Covid. Alhamdulillah, hari ini kondisi Covid sudah membaik. Yang penting adalah bagaimana ekonomi masyarakat bisa berputar kembali,” kata Emil, saat memberikan sambutan dalam acara Pasar Santri di alun-alun Kabupaten Jember, Sabtu (23/4/2022) malam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun, Emil meminta kepada warga untuk tetap waspada dan menaati keputusan pemerintah jika kondisi kembali memburuk. “Kalau disuruh mengerem sedikit, Panjenengan turut mengerem. Tapi insya Allah mudah-mudahan tidak perlu mengerem, supaya ekonominya bisa bangkit,” katanya.

Pemerintah Provinsi Jatim, menurut Emil. tetap berkomitmen kepada kalangan pesantren. “Satu, melanjutkan Bosda (Bantuan Operasional Sekolah Daerah) madrasah diniyah. Artinya madrasah diniyah harus mendapatkan dukungan berkelanjutan,” katanya.

“Kedua, program One Pesantren One Product. Dulu namanya SMK mini. Di setiap pesantren, kami bangun balai latihan kerja, supaya santri memiliki keterampilan vokasi. Tapi sekarang kami gabungkan dengan produk. Setiap pesantren bisa menghasilkan produk-produk profesional,” kata Emil.

Pemprov Jatim memberikan anggaran yang sama besarnya dengan SMA dan SMK negeri kepada SMA dan SMK swasta. “Ini bagian dari komitmen Bu Khofifah dan saya untuk menjalankan amanah,” kata Emil.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *