IPHI Kota Mataram Selenggarakan Manasik Haji Gratis

Manasik Haji Gratis
Manasik Haji Gratis
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, membuka kegiatan bimbingan manasik haji gratis bagi semua jamaah calon haji (calhaj) musim haji tahun 2017. Pemkot juga setiap tahun memberikan pelayanan gratis bagi calon haji berupa imuninasi influenza dan meningitis

Kegiatan manasik haji gratis tersebut dibuka langsung Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh dan dihadiri juga Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana, serta jamaah calon haji Kota Mataram serta jajaran ASN Kota Mataram yang dirangkaikan dengan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, di Mataram, Rabu (3/5).

Ahyar mengingatkan, calon haji agar mengikuti kegiatan manasik dari awal hingga akhir, agar bisa menjalankan rukun haji dengan baik dan benar sehingga mendapat gelar haji mabrur. “Manasik ini sebagai bekal beribadah, harapannya ketika jamaah sampai di Makkah dan Madinah mampu menjadi jamaah haji mandiri, kreatif dan inovatif,” katanya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dikatakan, selain untuk mempelajari rukun dan sunah haji, kegiatan manasik sekaligus sebagai wadah silaturahim jamaah agar terbiasa dengan kelompok. “Dengan adanya bimbingan manasik ini, jamaah bisa saling mengenal lebih dekat sehingga bisa mempermudah komunikasi,” katanya.

Wali kota mengatakan, selain memberikan bimbingan manasik haji gratis, pemerintah kota setiap tahun juga memberikan pelayanan gratis bagi calon haji berupa imuninasi influenza dan meningitis. “Semua biaya untuk pelayanan pemberian dua jenis imuninasi bagi calon haji kita tanggung melalui APBD Kota Mataram,” katanya.

Selain itu, pemkot juga memberikan calon haji berupa pakaian lengkap dari bawah sampai atas. Artinya, setiap calon haji diberikan sepatu/sandal, seragam (celana dan baju), peci/jilbab, sehingga ketika berangkat jamaah asal Kota Mataram bisa terlihat kompak.

Ketua Ikatan Pengurus Haji Indonesia (IPHI) Kota Mataram H Husnan Ahmadi, yang turut hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, jumlah calon haji yang akan mengikuti manasik haji sebanyak 651 orang atau sesuai dengan kuota haji ditambah dengan 60 orang calon haji yang masuk kuota cadangan. “Manasik haji tahun ini, kita laksanakan sampai 11 Mei 2017. Kegiatan penutupan kami laksanakan di Asrama Haji Embarkasi Lombok,” katanya.

Manasik haji dilaksanakan di sejumlah masjid yang telah ditetapkan pada enam kecamatan, sehingga calon haji tinggal datang ke masjid yang lokasinya dekat dengan rumahnya. “Selain manasik, petugas kami juga akan memberikan bimbingan teknis kepada para jamaah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *