Waduh! RI Bakal Alami Kiamat Properti? Bener atau Gak Ya?

Kiamat Properti
 Foto: Dok PT Adhi Commuter Properti Tbk. (ADCP)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Kenaikan saham DILD, disinyalir karena Lo Kheng Hong membeli sebanyak 6,28% saham perusahaanya dengan kepemilikan senilai 651,42 juta pada 12 Agustus 2022 silam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebaliknya, saham SMRA terkoreksi paling tajam di sepanjang tahun ini hingga mencapai 30,54% dan kini harga sahamnya di banderol Rp 585 pada pukul 14:53 WIB.

Kemudian, saham emiten BSDE juga terpantau melemah 9,9% di sepanjang 2022. Saham PWON juga ambles 3,45% dan saham CTRA turun 1,03% secara ytd.

Meskipun banyak katalis negatif pada sektor properti pada tahun ini, tapi jika menilik kinerja emiten-emitennya, mayoritas masih berhasil membukukan pendapatan yang ciamik pada semester I-2022.

Analis BRI Sekuritas Victor Stefano menilai bahwa penjualan pada sektor properti dibantu oleh regulasi makro yang mendukung, di mana level Suku Bunga Dasar Kredit menurun dan adanya kebijakan insetif PPN DTP membuat sektor properti menjadi lebih menarik.

Selain itu, lonjakan harga beberapa komoditas seperti batu bara dan crude palm oil/cpo pada pertengahan tahun ini, tampaknya juga berperan dalam meningkatkan upah para pekerja dan meningkatkan daya beli di sektor properti.

Sumber: diolah, Tim Riset

Namun, dengan berakhirnya insentif PPN DTP, potensi kenaikan suku bunga acuan, prediksi inflasi yang akan terus meninggi, dan pelemahan harga komoditas-komoditas tentunya akan mempengaruhi permintaan akan properti ke depannya.

Sementara, perusahaan konsultan properti Colliers menilai bahwa prospek properti ritel di Indonesia pada tahun ini akan bangkit lebih cepat dibandingkan dengan sektor perkantoran dan apartemen karena didukung oleh mobilitas dan permintaan konsumen.

Senada, analis Cipta Dana dalam risetnya pada 6 Oktober 2022, menilai bahwa saham properti ritel PWON masih cukup menarik karena emiten tersebut menghasilkan sebanyak 65% dari total pendapatan dari sewa properti. PWON juga diketahui memiliki beberapa pusat perbelanjaan.

Sumber: cnbc

banner 800x800