Membaca Arah dan Gerakan Alumni HMI

Membaca Arah dan Gerakan Alumni HMI
Membaca Arah dan Gerakan Alumni HMI
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Perubahan sosial pun mutlak terjadi seiring dengan berkembangnya zaman. Bersamaan dengan itu potensi alumni HMI harus diberikan ruang lebih longgar. Tak ada kata lain alumni HMI harus pandai membaca arus perubahan, memahaminya, dan akhirnya mampu memformulasikan ke mana arah gerakan selanjutnya dilakukan. Jangan sampai gerakan alumni HMI terhenti atau hanya berkutat dalam zona nyaman elite dan kekuasaan.

Momentum Munas

Alumni HMI terlembagakan dalam struktural KAHMI. KAHMI adalah organisasi resmi para alumni HMI dan secara organisatoris menjadi wadah bernaung dan eksistensi alumni. KAHMI dibentuk pada munas alumni HMI yang bertepatan dengan Kongres VIII HMI di Solo, Jawa Tengah. Motivasi dasar terbentuknya KAHMI yaitu adanya keinginan wadah kekeluargaan alumni HMI. KAHMI disahkan pada 17 September 1966. Kepengurusan KAHMI saat ini telah menjangkau seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

KAHMI telah menjadi wadah bagi aktivitas para alumni HMI di berbagai bidang kehidupan. Berbagai aktivitas telah dilakukan KAHMI, mulai dari aktivitas sosial kemasyarakatan hingga pembahasan isu-isu strategis menjadi diskusi rutin dan kajian. Bahkan saat ini KAHMI juga memiliki perguruan tinggi yaitu Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Januari 2021 dan sekaligus menjadi hari lahir UICI.

KAHMI telah berusia 56 tahun. Meskipun belum bisa dibandingkan seperti ormas pendahulu semisal Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, namun jika dikelola dengan baik bukan tidak mungkin peran KAHMI akan mampu mengejar ormas-ormas besar yang telah lama hadir dan menghiasi kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Nah, sampai di sini, akankan KAHMI memilih gerakan untuk mengejar ormas-ormas besar tersebut?

Saya pun merasa penasaran dan masih menebak-nebak ke mana gerbong besar KAHMI yang telah meraksasa ini akan dibawa. Saya juga menunggu-nunggu apa kiranya yang akan diputuskan dalam Munas KAHMI terkait arah gerakan alumni HMI. Apakah sekadar sebagai wadah berhimpun, ruang silaturahmi, momen bernostalgia sembari menjalani fungsi dalam rangka menunjang pengkaderan HMI, atau akan ada transformasi gerakan untuk membuka ruang-ruang pengabdian baru.

Saya yakin dengan potensi yang dimiliki, alumni HMI tak akan pernah diam dan akan terus mencari dan menemukan pintu-pintu pengabdian baru sebagai wujud tanggung jawab sebagai insan akademis dan pengabdi. Sedangkan secara kelembagaan saya percaya bahwa seluruh alumni HMI yang terhimpun dalam KAHMI memiliki modal yang lebih dari cukup untuk berkontribusi dalam merancang masa depan bangsa dengan segala persoalan dan dinamikanya. Peran-peran apapun yang dilakukan alumni HMI baik personal maupun kelembagaan adalah wujud syukur dan kecintaan kepada bangsa Indonesia.

Selamat melaksanakan Munas KAHMI ke XI, 24-28 November 2022 di Palu, Sulawesi Tengah. Semoga tujuan HMI “terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernapaskan Islam dan bertanggung jawab terhadap terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang diridai Allah SWT” selalu menjadi motivasi dan tetap terpatri kokoh dalam sanubari. Yakin Usaha Sampai!

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *