Ketua PP Muhammadiyah: Tidak Bisa Ditawar, Good Governance Adalah Prinsip Utama

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Atas nama Persyarikatan, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir menyampaikan tahniah kepada Rektor baru Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) masa jabatan 2023-2027, Muhammad Yusuf.

Rektor yang bertugas sejak pelantikan pada hari ini, Selasa (17/1) diminta Haedar mengembangkan UMPR sebagai kampus riset serta melakukan penguatan sistem good governance di lingkup kampus.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kami atas nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan tahniah, selamat atas pelantikan ini sekaligus sebagai amanah yang tidak ringan tetapi saya percaya Pak Muhammad Yusuf yang punya latar belakang jurnalis, biasanya dikenal gigih, tidak kenal menyerah,” ujarnya.

Menurut Haedar, penguatan sistem good governance sejatinya adalah ciri utama Muhammadiyah. Tak heran, Muhammadiyah kini memiliki 171 perguruan tinggi, 120 rumah sakit, 336 klinik, ribuan sekolah dan sedikitnya 20.000 PAUD/TK yang dikelola ‘Aisyiyah dan semuanya bergerak dalam sistem.

“Seluruh aset, lembaga sosial, pendidikan, kesehatan, ekonomi yang tersebar di seluruh tanah air termasuk di Melbourne, Malaysia dan Kairo, itu atas nama badan hukum Persyarikatan Muhammadiyah sehingga kata Pak Jusuf Kalla, Muhammadiyah seperti holding company, tapi kita para pemimpinnya bersahaja untuk mengelola itu dgn sistem yang akuntabel, good governance, bahkan kami Pimpinan Pusat Muhammadiyah tidak mentolerir sistem yang asal-asalan, apalagi yang tidak akuntabel. Itu prinsip kami,” tegasnya.

Muhammadiyah kata Haedar bahkan memiliki Lembaga Pembina dan Pemeriksa Keuangan (LPPK) sendiri yang rutin mengaudit seluruh aset amal usaha hingga pimpinan secara seksama.

“Sehingga seluruh amal usaha bahkan termasuk PP Muhammadiyah setiap tahun dan setiap lima tahun diaudit keuangannya sehingga Insyaallah prinsip ini menjadi modal dasar kita dalam mengelola organisasi,” ungkap Haedar.

“Maka perkuat sistem karena rektor itu datang dan pergi tapi sistem itu abadi sampai satu hari sebelum kiamat. Ya itu artinya (roda organisasi) Muhammadiyah itu akan berjalan terus sampai nanti,” pungkasnya.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *