10 Makanan Untuk Penderita Diabetes Mengontrol Gula Darah

Makanan Untuk Penderita Diabetes
bayam
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ada beberapa pantangan makanan bagi penderita diabetes. Selain itu, terdapat pula anjuran pola makan bagi penderita diabetes yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengontrol gula darah.

Kebiasaan Memilih makanan penderita diabetes memainkan peran penting dalam pemeliharaan gula darah. Pola makan yang salah bagi penderita diabetes dapat meningkatkan gula darah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Memilih makanan untuk diabetes adalah hal yang paling penting bagi seorang penderita diabetes untuk hidup sehat. Selain itu, Anda harus menghindari pantangan makanan bagi penderita diabetes.

Lalu apa saja makanan untuk penderita diabetes?

Makanan untuk penderita diabetes

Nah, berikut ini 10 makanan untuk penderita diabetes guna mengontrol gula darah seperti dilansir dari Healthline:

1. Lemak ikan

Lemak ikan atau ikan yang berlemak menjadi salah satu makanan untuk penderita diabetes. Salmon, sarden, herring, anchovies, dan mackerel adalah sumber asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang bagus, yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan jantung.

Mendapatkan cukup lemak dari ikan secara teratur sangat penting bagi penderita diabetes, yang memiliki peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

DHA dan EPA melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, mengurangi gejala peradangan, dan dapat membantu memperbaiki fungsi arteri.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan ikan berlemak secara teratur memiliki risiko lebih rendah untuk sindrom koroner akut, seperti serangan jantung. Serta kemungkinan untuk meninggal karena serangan jantung juga lebih kecil.

2. Sayuran hijau

Makanan untuk penderita diabetes selanjutnya adalah sayuran hijau. Sayuran hijau juga sangat rendah karbohidrat dan kalori yang dapat dengan mudah dicerna.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa penderita diabetes biasanya memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah daripada orang tanpa diabetes. Sehingga, kemungkinan membutuhkan asupan vitamin C yang tinggi.

Nah, sayuran hijau seperti bayam dan kangkung merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, termasuk vitamin C.

Selain itu, vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan kuat dan juga memiliki kualitas anti-inflamasi. Meningkatkan asupan makanan kaya vitamin C dapat membantu penderita diabetes.

Selain itu, sayuran hijau merupakan sumber antioksidan lutein dan zeaxanthin yang baik. Antioksidan ini melindungi mata Anda dari degenerasi makula dan katarak, yang merupakan komplikasi diabetes yang umum.

3. Alpukat

Buah-buahan Ini Bisa Menurunkan Kolesterol
Alpukat

Makanan untuk penderita diabetes berikutnya adalah alpukat. Setiap satu buah alpukat mengandung 1 gram gula, karbohidrat, serat, dan lemak sehat.

Konsumsi alpukat juga dikaitkan dengan penurunan indeks massa tubuh (BMI). Hal ini membuat alpukat adalah camilan yang bagus bagi penderita diabetes, terutama untuk mereka yang mengalami obesitas.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *