Manasik dan Ikhtiar Menjadikan Jemaah Haji Lebih Mandiri

Manasik dan Ikhtiar Menjadikan Jemaah Haji Lebih Mandiri
manasik haji
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Ketiga, manasik di KUA diharapkan bisa membangun chemistry jemaah satu dengan jemaah lainnya. Harus diakui bahwa perkenalan jemaah haji belum intens pada saat pendaftaran, pelunasan atau pemeriksaan kesehatan, maka pertemuan di KUA lah jemaah bisa mengenal lebih jauh jemaah yang akan menjadi teman kloternya. Jemaah haji dengan berbagai latar perbedaan usia, pendidikan, suku dan adat penting untuk saling kenal mengenal dan menjalin keakraban. Ketika mereka sudah saling akrab, maka akan tercipta regu dan rombongan yang kompak, yang tentu saja akan memudahkan petugas kloter dalam menjalankan tugasnya. Kalau sudah kompak sejak di tanah air diharapkan tetap terjaga pada saat di tanah suci nanti sampai kembali ke tanah air.

Keempat, dalam manasik haji di KUA, jemaah haji sudah harus mengenal perangkat petugas dalam kloter dan strukturnya. Keterlibatan ketua kloter, pembimbing ibadah, petugas kesehatan dan petugas haji daerah dalam melakukan perkenalan di pertemuan manasik haji sangat penting agar jemaah haji tahu tugas dan fungsi petugas kloter sehingga mereka tahu kemana harus bertanya dan berkonsultasi ketika menemui masalah di tanah suci. Jangan sampai dari keberangkatan sampai kepulangan ke tanah air, jemaah tidak kenal nama petugas kloternya. Jemaah haji juga harus diajarkan untuk mematuhi komando dari petugas kloter agar jemaah bisa tertib dan lancar menunaikan ibadah. Pembentukan dan penunjukkan ketua rombongan dan ketua regu membutuhkan partisipasi aktif jemaah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dengan menjadikan pertemuan bimbingan manasik haji di KUA, diharapkan bisa menciptakan jemaah haji reguler yang lebih mandiri. Mandiri dalam arti bahwa jemaah mampu melaksanakan ibadah dan perjalanan ibadah haji tanpa tergantung pihak lain. Dengan bekal manasik di KUA yang cukup, maka pada saatnya nanti di tanah suci jemaah bisa lebih mandiri, tidak semua jemaah didampingi satu persatu oleh petugas agar jemaah bisa khusyu dalam beribadah.

banner 800x800