6 Dzikir Sederhana Untuk Menghapus Dosa Setiap Hari

dzikir penghapus dosa
dzikir penghapus dosa
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



4. Doa Nabi Yunus

Pada saat Nabi Yunus harus diberi ujian oleh Allah berupa masuknya ia ke dalam perut paus, Nabi Yunus melakukan refleksi diri. Mengaku Kebesaran Allah dan menyadari kesalahannya, adalah satu-satunya cara yang ia lakukan agar bisa keluar dari perut paus. Nabi Yunus membaca:

لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۚ

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Laa ilaaha illaa anta subḥaanaka innii kuntu minazh-zhaalimiin

Artinya:

“Tidak ada tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim.”

Setelah Nabi Yunus membaca kalimat tersebut berkali-kali, Allah memberikan ampunan-Nya dan menolong Nabi Yunus dari masalah yang sedang ia hadapi.

5. Dzikir pagi petang

Di dalam dzikir pagi petang, juga terdapat bacaan doa penghapusan dosa sekaligus berlindung dari perbuatan jahat yang akan datang.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ.

Allaahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mas-tatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu. Abau-u laka bi ni’matika ‘alayya wa abua-u bi dzambii. Fagh-firlii fainnahu laa yagh-firudz dzunuuba illaa anta.

Artinya:

“Ya Allah, Engkaulah pemeliharaku. Tiada sesembahan kecuali Engkau. Engkau ciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Dan aku berada pada kesepakatan dan perjanjian denganMu, semampuku. Aku berlindung kepada Engkau dari keburukan yang aku perbuat. Aku bertaubat kepada-Mu dengan karunia-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu dengan dosaku. Maka, ampunilah aku karena tiada yang mampu mengampuni dosa kecuali Engkau.”

6. Dzikir sebelum tidur

Terakhir, dzikir penghapus dosa juga bisa kamu lafalkan sebanyak tiga kali sebelum tidur.

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِى لَا اِلهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ

Astaghfirullah, alladzi laa ilaaha illahuwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaiih.

Artinya:

“Aku memohon ampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Yang Maha Berdiri sendiri aku bertaubat kepada-Nya.”

Itulah kumpulan dzikir penghapus dosa yang bisa kamu lakukan kapan pun, mulai dari membuka mata hingga kembali terlelap. Semoga Allah selalu melindungi kita dari perbuatan keji, ya

banner 800x800