Bisakah Air Kelapa Membersihkan Ginjal? Inilah Jawabannya Berdasarkan Penelitian

Air Kelapa Membersihkan Ginjal
Air Kelapa
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Penting untuk diketahui jika air kelapa dapat membersihkan ginjal. Kita semua tahu bahwa ginjal adalah organ penting dalam tubuh manusia. Organ ini berperan penting dalam menyaring senyawa beracun dari darah dan menjaga keseimbangan cairan. Oleh karena itu, kesehatan ginjal memerlukan pengobatan. Salah satu cara menjaga kesehatan ginjal adalah dengan banyak minum air putih. Selain itu, minum air kelapa juga baik untuk ginjal karena hidrasi dan nutrisinya. Diketahui bahwa konsumsi alkohol secara teratur dapat mencegah penyakit batu ginjal.

Ingatlah bahwa memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda adalah cara yang efektif untuk mencegah batu ginjal. Meskipun air adalah pilihan yang baik untuk merehidrasi tubuh Anda, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa air kelapa mungkin lebih bermanfaat. Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lain bergabung di dalam ginjal untuk membentuk kristal atau batu. Batu dapat berpindah ke ginjal atau ureter. Kondisi ini menyebabkan nyeri hebat dan tajam di bagian samping dan punggung atau saat pasien buang air kecil.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mengutip dari laman Healthline pada Rabu (16/8/2023), setidaknya ada dua penelitian kecil yang menunjukkan bahwa air kelapa mungkin lebih bermanfaat dalam menjaga kesehatan ginjal.

Sebuah studi tahun 2013 pada tikus dengan batu ginjal menunjukkan bahwa air kelapa mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Ini juga mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin.

Sementara itu, dalam studi lain tahun 2018 yang melibatkan delapan orang, para peneliti menemukan bahwa air kelapa yang mengandung potasium, klorida, dan sitrat, meningkatkan frekuensi buang air kecil pada orang tanpa batu ginjal.

“Hal itu berarti air kelapa dapat membantu membersihkan sistem dan menjaga kemungkinan batu tetap rendah,” demikian keterangan yang dikutip dari Healthline.

Hal yang perlu diingat juga, studi tersebut merupakan studi pertama yang meneliti efek atau manfaat air kelapa pada batu ginjal. Karena itu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenarannya.

Satu hal lagi yang harus diingat, seseorang yang memiliki masalah ginjal kronis justru tidak boleh minum air kelapa terlalu banyak. Menurut National Kidney Foundation of Hawaii, air kelapa mengandung 252 miligram natrium per porsi.

Air kelapa juga tinggi kalium. Asupan kalium berlebih pada pasien ginjal dapat menyebabkan hiperkalemia yang mengancam jiwa.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *