Politik Dinasti ala Jokowi

Politik Dinasti ala Jokowi
Jokowi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



AHY ialah bintang terang di TNI. Dia lulusan Akmil 2000 yang belum tersaingi oleh siapa pun sebagai peraih Adhi Makayasa dengan prestasi terbaik di bidang mental, fisik, dan intelektual sekaligus. Borongan. Sungguh sayang, Agus harus mundur dengan pangkat satu melati di pundak.

Kiprah AHY di politik kemudian, bagi saya, juga kurang cerdas. Dia pintar, sangat pintar, tapi tidak sabar. Dia terlalu bernafsu memburu posisi tinggi, menawarkan diri sebagai cawapres, tanpa sadar bahwa pengalamannya masih sangat minim.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Memaksakan kehendak ketika waktunya belum tiba tidaklah baik. Karena itulah, leluhur kita menggubah petuah ojo nggege mongso. Kiranya SBY, AHY, nggege mongso. Akibatnya, seperti kata Winston Churchill, dalam perang Anda bisa dibunuh satu kali, tetapi dalam politik Anda bisa dibunuh berkali-kali, AHY kiranya mati politik berkali-kali.

Dalam banyak hal, saya tidak suka pada Jokowi. Lebih tidak suka lagi karena politik dinastinya akhir-akhir ini. Ketika Kaesang dibiarkan menjadi Ketua Umum PSI hanya dua hari setelah menjadi kader, publik menyebutnya sebagai dagelan tak lucu dalam demokrasi. Ketika Gibran direstui menjadi cawapres, itu petaka bagi demokrasi.

Bukan hanya karena bapaknya masih menjabat presiden yang mengendalikan segala sumber daya, jalan Gibran berkompetisi juga aneh luar biasa. Gibran yang baru berpengalaman dua tahun sebagai wali kota bisa menjadi cawapres setelah MK yang diketuai pakliknya, Anwar Usman, membuka jalan baginya.

Inilah kali perdana politik dinasti dibangun dengan merobohkan hukum. Inilah pertama kalinya MK yang mulia dipelesetkan menjadi ‘Mahkamah Keluarga’. Semua karena anak Presiden, semua karena ambisi politik dinasti.

Politik dinasti buruk bagi demokrasi. Ia menjadi lebih buruk, lebih merusak, jika dirancang dan dibangun dengan cara-cara yang buruk, yang merusak. Rakyat semestinya paham siapa mereka.

Sumber: mediaindonesia

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *