Belasan Ribu Orang Hadiri Orasi Kebangsaan Anies di Solo Raya Basis Gibran

Belasan Ribu Orang Hadiri Orasi Kebangsaan Anies di Solo Raya Basis Gibran (kompas)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Anies Baswedan membawakan orasi kebangsaan di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sabtu (4/11/2023).

Orasi kebangsaan Anies ini diselenggarakan oleh Aliansi Masyarakat Madani (AMM) yang didukung sejumlah organ relawan pemenangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Usai kegiatan tersebut, Anies meladeni wawancara wartawan.

Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) ini, mengaku optimis bisa mendulang kemenangan di Jawa Tengah, terutama Solo Raya yang dianggap sebagai ‘kandang banteng’.

Anies mengatakan, ‘medan perang’ tidak hanya di Jawa Tengah, melainkan semua tempat.

“Sebetulnya tiap kabupaten (memiliki basis partai) beda-beda kok, kabupaten A basisnya yang menang mungkin PDIP, di kabupaten lain yang menang PKB, di kabupaten lain yang menang Golkar.”

“Jadi sebenarnya kalau disebut sebagai wilayah total seakan-akan hanya satu partai, padahal tiap kabupaten beda-beda, di Solo Raya saja beda-beda hasilnya,” ungkap Anies.

Anies malah menilai Jawa Tengah adalah lahan subur gagasan perubahan.

“Itulah sebabnya kami merasa optimis, bahwa sebenarnya di Jawa Tengah ini lahan subur gagasan perubahan dan keinginan perubahan,” ujarnya.

Kota Surakarta yang lebih dikenal dengan nama Solo, merupakan basis pendukung cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Gibran Rakabuming Raka.

Sebab, Gibran saat ini adalah Wali Kota Surakarta.

Sedangkan wilayah Soloraya meliputi Kota Solo (Surakarta), Kabupaten Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, dan Klaten,

Meskipun Gibran saat ini adalah penguasa Solo, namun orasi kebangsaan Anies tetap dihadiri belasan ribu orang.

Mereka memenuhi Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) untuk mengikuti acara orasi kebangsaan yang dihadiri oleh bakal capres Anies Baswedan.

Sejumlah aliansi relawan Anies-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) tampak memasuki ruangan Edutorium.

Anas Qamaludin, salah seorang relawan dari Badan Koordinasi Saksi Anies Baswedan (Bakorsi) Solo, mengaku tiba di Edutorium UMS pukul 11.00 WIB.

“Kami tadi berangkat bersama, ada 500 relawan dari Bakorasi Solo,” ujar Anas dikutip dari Tribunsolo.com.

Anas menyebut anggota Bakorasi hadir pada acara itu guna mendukung pasangan Anies dan Cak Imin.

Dia menyebut Bakorasi adalah gabungan dari sejumlah relawan pendukung Anies.

“Bakorasi sendiri terdiri dari gabungan berbagai macam simpul relawan Anies Baswedan yang sudah bergerak secara massif, terstruktur dan terkoordinir untuk pemenangan Anies di Pilpres 2024 mendatang,” ujarnya.

Anas berharap bisa mengajak para relawan dan partai pendukung Anies untuk menguatkan kebersamaan.

Sekjen Aliansi Masyarakat Madani (AMM) sekaligus koordinator acara Anies di Edutorium UMS, Bambang Sukoco, mengatakan akan ada 18 ribu relawan yang hadir di tempat.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *