Ini 3 Sedekah Yang Pahalanya Paling Besar Menurut Hadist

Sedekah Yang Pahalanya Paling Besar
Sedekah


banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Sedekah merupakan salah satu bentuk perbuatan untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT. Dalam bahasa Arab, sedekah atau shodaqoh (صَدَقَة) artinya memberikan.

Dikutip dari kitab Fiqih M. Aliyul Wafa: Sedekah adalah pemberian sukarela dari seorang muslim kepada orang lain, tanpa jumlah tertentu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sedekah juga digunakan sebagai kebajikan untuk mengharapkan pahala dan keridhaan dari Allah SWT.

Pada dasarnya setiap amal merupakan pahala bagi orang yang melakukannya. Namun ternyata ada sedekah yang pahalanya dianggap paling besar. Anda dapat sinak  jawabannya di sini.

Sedekah yang Paling Besar Pahalanya

Dalam Al-Qur’an, anjuran tentang bersedekah dijelaskan dalam surat Al Baqarah ayat 274. Allah SWT berfirman:

اَلَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ بِالَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً فَلَهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ ٢٧٤

Artinya: “Orang-orang yang menginfakkan hartanya pada malam dan siang hari, baik secara rahasia maupun terang-terangan, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan tidak (pula) mereka bersedih.” (QS. Al Baqarah:247).

Hukum sedekah adalah sunnah muakkadah (sunnah yang dianjurkan). Siapa pun bisa bersedekah, baik yang miskin ataupun yang kaya.

Adapun sedekah yang dinilai paling besar pahalanya yaitu sebagai berikut.

  1. Sedekah dalam Keadaan Masih Sehat

Dalam hadist Syarah Riyadhus Shalihin Jilid 1 oleh Imam Nawawi, ditafsirkan bahwa ketika seorang muslim bersedekah dalam keadaan sehat adalah bentuk sedekah yang besar pahalanya.

Menurut Imam Nawawi, saat seorang muslim bersikap dermawan dan bersedekah dalam keadaan sehat itu seraya membuktikan keikhlasan hatinya dan cinta yang besar pada Allah SWT.

Tentu berbeda dengan kondisi orang yang tengah sakit maupun yang tengah berada di penghujung ajal. Pasalnya, kondisi ini akan membuat seorang muslim melihat harta bukan lagi miliknya (sudah putus asa dengan hidup).

  1. Sedekah Saat Masih Sehat dan Sebenarnya dalam Keadaan Kikir

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah RA dikutip dari kitab Zakat, dikisahkan bahwa ada seorang lelaki mendatangi Rasulullah.

جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ ﷺ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الصَّدَقَةِ أَعْظَمُ أَجْرًا قَالَ أَنْ تَصَدَّقَ وَأَنْتَ صَحِيحٌ شَحِيحٌ تَخْشَى الْفَقْرَ وَتَأْمُلُ الْغِنَى وَلَا تُمْهِلُ حَتَّى إِذَا بَلَغَتْ الْحُلْقُومَ قُلْتَ لِفُلَانٍ كَذَا وَلِفُلَانٍ كَذَا وَقَدْ كَانَ لِفُلَانِ.

Artinya:

Ada seorang laki-laki datang kepada Nabi SAW lalu berkata,”Ya Rasulullah, sedekah mana yang paling besar pahalanya?”

Kemudian Rasulullah pun bersabda, “Yaitu jika engkau bersedekah, engkau itu masih sehat dan sebenarnya engkau kikir. Kau takut menjadi fakir dan engkau sangat berharap menjadi kaya. Tetapi janganlah engkau menunda-nunda sehingga apabila nyawamu telah sampai di kerongkongan lalu berkata, ‘Yang ini untuk fulan dan yang ini untuk fulan’, padahal yang demikian itu memang untuk fulan.” (HR Muttafaq’alaih).

Pasalnya, sifat kikir dalam diri seseorang akan paling terlihat saat mereka dalam keadaan sehat.

  1. Sedekah dalam Keadaan Kaya

Dari beberapa hadits di atas menunjukkan bahwa kita dianjurkan untuk bersedekah dalam keadaan sehat, kaya, dan kikir. Bersedekah dalam keadaan tersebut bisa membuat kita mendapat pahala yang besar.

Sebagaimana yang pernah dikatakan oleh Asy Syarqawi yang diterjemahkan oleh Syaikh Muhammad Musthafa Imarah melalui Jawahir Al-Bukhari, dikatakan bahwa tujuan dari bersedekah dan kuatnya keinginan untuuk mendekatkan diri Allah. Bukan sebaliknya, hanya bersedakah saat dalam keadaan sakit atau menjelang kematian.

Dilansir dari laman Islam NU, Rasulullah SAW pernah menjelaskan, bahwa sedekah itu tidak harus dengan harta, melainkan bisa dengan amal saleh dan kebaikan apa saja (sedekah tidak sempit). Artinya, bagi mereka yang tak mampu bersedekah dengan harta, maka perbanyaklah amal saleh.

Itu tadi penjelasan mengenai kondisi di mana sedekah memiliki pahala yang besar. Semoga detikers senantiasa menjadi hamba yang juga rajin bersedekah ya. Amin.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *