Israel Gagal Mengalahkan Hamas dan Kini Ingin Menyerang Lebanon

Israel Ingin Menyerang Lebanon
Foto: Tentara Israel
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Meski tentara Israel gagal mengalahkan kelompok Hamas dalam perang Gaza, namun mereka telah menyusun rencana untuk menyerang negara tetangganya. Lebanon.

Surat kabar “Times” dan “Newsweek” tentang rencana militer Israel yang tampaknya bertujuan untuk menggulingkan gerakan perlawanan Hizbullah Lebanon.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hizbullah, yang dikenal sebagai sekutu Iran, telah melakukan serangan lintas batas terhadap Israel dalam beberapa pekan terakhir sebagai bentuk solidaritas terhadap Gaza.

Kedua media Barat tersebut mendasarkan pemberitaannya pada informasi yang diberikan juru bicara militer Israel, Jonathan Conricus.

Pertukaran militer antara Zionis dan Hizbullah telah meningkat sejak dimulainya perang antara Israel dan Hamas pada bulan Oktober.

Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, 19.453 warga Palestina telah terbunuh dan 52.286 terluka dalam genosida Israel yang sedang berlangsung di Gaza mulai 7 Oktober. Perkiraan Palestina dan komunitas internasional menyebutkan bahwa mayoritas dari mereka yang terbunuh dan terluka adalah perempuan dan anak-anak.

Solidaritas Arab

Hizbullah telah menyatakan dukungannya kepada Hamas dan kelompok perlawanan Palestina lainnya di Gaza. Namun, pemimpin kelompok itu; Hassan Nasrallah, mengatakan mereka tidak akan melancarkan serangan besar-besaran terhadap Israel kecuali jika Israel memprovokasi atau Hamas berada di ambang kekalahan.

Namun demikian, menurut laporan The Times, Selasa (19/12/2023), militer Israel mengatakan bahwa mereka tidak akan menerima ancaman yang semakin besar yang ditimbulkan oleh Hizbullah dan telah mengembangkan rencana untuk menginvasi Lebanon selatan untuk mendorong Hizbullah ke utara menuju Sungai Litani.

Israel khawatir Hizbullah berpotensi melancarkan serangan seperti pada 7 Oktober di utara Israel, menurut seorang perwira militer senior Israel yang berbicara dengan The Times.

“Oleh karena itu, doktrin Israel adalah membawa perang ke pihak lain,” katanya.

“Angkatan Darat Israel telah menyetujui rencana dan menetapkan jadwal kesiapan,” klaim Conricus.

Newsweek juga melaporkan bahwa Cornicus sudah mengatakan kepada wartawan bahwa meskipun ada “jendela peluang untuk perdamaian”, pasukan Israel siap untuk menjaga keamanan warga Israel.

“Sama seperti kita sekarang membubarkan Hamas di Gaza dan berupaya memastikan bahwa tidak akan ada ancaman militer terhadap warga Israel yang tinggal di Israel selatan, kita juga akan melakukan hal yang sama jika diperlukan terhadap Hizbullah,” katanya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *