Kultum 367: Salah Paham tentang Islam di Barat (2)

Salah Paham tentang Islam di Barat
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Pembaca yang dirahmati Allah,

Hajinews.co.id – Salah pemahaman yang tak kalah mendasar tentang Islam dalam pandangan Barat adalah bahwa “Islam Disebarkan dengan Kekerasan dan Perang”. Sejarawan De lacey O’Leary menyatakan bahwa “sejarah memperjelas bahwa legenda Muslim fanatik yang melanda dunia dan memaksakan Islam dengan todongan pedang kepada ras-ras yang ditaklukkan adalah salah satu MITOS ABSURD paling fantastis yang pernah diulangi oleh para sejarawan”.

Ketika dikaji ulang dan ditemukan bukti bahwa penyebaran agama Islam di seluruh dunia, dan betapa kecilnya jumlah awalnya, maka dengan jelas dipahami bahwa jumlah itu tidak akan pernah mencapai jumlah yang ada saat ini meski disebarkan dengan kekerasan. Satu poin penting yang perlu dicatat adalah, ketika Islam menyebar ke berbagai negara, mereka (umat Islam) akan mendirikan gereja dan sinagoga pribadi untuk non-Muslim yang mereka pimpin dan karena perlakuan baik yang mereka terima ini, mereka sendiri dengan sukarela berpindah agama.

Menarik juga untuk dicatat bahwa ketika bangsa Mongol menyerbu dan menaklukkan sebagian besar kerajaan Islam, alih-alih menghancurkan agama, mereka mengadopsinya! Sampai saat ini peninggalan sejarah dan keadaan bangsa sebagai keturunan mereka juga masih bisa ditemui.

Selain itu, ada juga salah paham yang menganggap bahwa “Islam dan Kristen Berlawanan Secara Diametris”. Islam berbagi banyak tokoh agama dan peristiwa sejarah dengan Yudaisme dan Kristen. Di satu sisi, Muslim sangat menghormati Yesus karena dia dianggap sebagai nabi dalam Islam.

Ketika orang-orang Kristen pertama kali mengunjungi negara-negara Islam sejak lama, mereka terkejut betapa mereka sangat menghormati Bunda Maria (Maryam) dan seluruh cerita dari perjanjian baru. Di sisi lain, seorang Muslim tidak dapat disebut sebagai seorang Muslim tanpa percaya pada “kelahiran perawan” dan banyak mukjizat Yesus Kristus (Nabi Isa).

Anggapan lain yang juga sangat mendasar adalah bahwa Islam tidak memiliki “toleransi beragama”. Non-Muslim melihat ‘Bunuh orang kafir’ adalah ungkapan yang diyakini banyak orang sebagai ideologi yang dimiliki Muslim terhadap non-Muslim. Padahal, ini bukan gambaran yang benar tentang hukum Islam. Islam selalu menghormati kebebasan beragama kepada semua pemeluk agama.

Dalam Al-Qur’an dikatakan “Tuhan tidak melarang Anda, terhadap orang-orang yang memerangi Anda bukan karena agama atau mengusir Anda dari rumah Anda, dari berurusan dengan baik dan adil dengan mereka, karena Tuhan menyukai orang-orang yang adil”. Lihat saja, banyak penguasa Muslim yang memiliki orang-orang Kristen atau Yahudi di tengah-tengah mereka, dan bahkan mengundang para imam besar bersama mereka untuk melihat tempat-tempat suci.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *