9 Orang Yang Boleh Tidak Puasa Ramadan, Ini Ulasan Lengkap Buya Yahya

Orang Yang Boleh Tidak Puasa Ramadan
Buya Yahya
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Keistimewaan Bulan Ramadan

Tribuners, selain berpuasa di bulan Ramadan, ada sejumlah keistimewaan lain yang terdapat dibulan yang ditunggu oleh umat muslim ini.

  1. Bulan Diturunkannya Al-Quran

Merujuk pada keutamaan atau keistimewaan ini, umat Islam dapat memperbanyak membaca Al-Quran selama berada pada bulan suci ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Karena, di bulan suci Ramadan merupakan momen turunnya kitab suci Al Quran syahrul Quran itu sendiri.

Hal ini tertuang dalam penggalan surah Al Baqarah ayat 185 berikut ini:

Allah SWT berfirman,”Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)”. (QS. Al-Baqarah: 185).

  1. Dibukannya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Tentunya, di bulan Ramadan adalah memiliki keistimewaan yang begitu luar biasa karena dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu-pintu neraka serta diikatnya setan-setan.

Allah SWT memberi kesempatan kepada hamba-Nya untuk masuk surga dengan mengerjakan ibadah dan amal shalih selama bulan Ramadan.

  1. Ramadan Bulan yang Penuh Berkah

Bulan Ramadan disebutkan merupakan bulan syahrun mubarak.

Yang mana, ini berdasarkan pada dalil hadits Nabi Rasulullah SAW berikut ini:

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ

Rasulullah SAW bersabda: “Telah datang Bulan Ramadan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.” (HR. Ahmad)

  1. Bulan Penuh Ampunan

Selanjutnya, keistimewaan di bulan Ramadan ini adalah untuk penghapusan dosa-dosa atau bertobat.

Rasul SAW bersabda yang artinya: “Salat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadan ke Ramadan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi.” (HR. Muslim)

Dengan menjalankan ibadah dan menjauhi semua larangan-Nya, diharapkan menjadi penghapus dosa yang telah kita lakukan sebelumnya.

  1. Terdapat Malam Lailatul Qadar

Dibulan Ramadan pula, terdapat satu malam yang begitu sangat istimewa dari hari-hari lainnya, yaitu Lailatul Qadar.

Pada malam inilah, yakni antara 10 hari terakhir di bulan Ramadan adalah diturunkannya Alquranul Karim.

Keistimewaan bulan Ramadan dalam Al Quran tertuang dalam surah Al Qadr ayat 1-5. Telah dijelaskan oleh Allah SWT yang artinya:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr ayat 1-5).

  1. Sedekah Terbaik Saat Bulan Ramadan

Selanjutnya, seperti dilansir dari laman resmi NU Online, bahwa keistimewaan bulan Ramadan berikutnya karena pahala sedekah di waktu ini, menjadi yang terbaik dibanding waktu yang lain.

أيُّ الصَّدَقَةِ أفْضَلُ؟ قَالَ صَدَقَةٌ فَيْ رَمَضَانَ

Rasulullah SAW pemah ditanya; Sedekah apakah yang paling mulia? Beliau menjawab: “Yaitu sedekah dibulan Ramadan.” (HR Tirmidzi)

  1. Mustajab Berdoa di Bulan Ramadan

Terakhir, di bulan Ramadan ini adalah salah satu waktu dimana doa yang dipanjatkan di saat bulan suci ini lebih mustajabah atau lebih mudah dikabulkan.

Hal ini sesuai hadis Rasulullah SAW yang artinya:

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan.” (HR. al-Bazaar, dari Jabir bin Abdillah. Al-Haitsami dalam Majma Az Zawaid mengatakan bahwa perawi hadis ini tsiqah atau terpercaya).

Mudahan-mudahan, keistimewaan yang terdapat di bulan Ramadan tersebut menjadi sebuah kesempatan untuk kita meriah kemenangan di bulan suci ini. (*)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar