Hikmah Pagi: Mengapa Rasulullah SAW Makan Kurma Jumlahnya Ganjil? Inilah Jawabannya

Makan Kurma Jumlahnya Ganjil
Kurma /freepik
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idKurma merupakan salah satu buah istimewa yang identik dengan bulan Ramadan. Kurma tidak hanya enak dan kaya akan khasiat, tetapi juga merupakan tradisi Nabi Muhammad SAW untuk berbuka puasa.

Berbuka puasa dengan kurma dan air putih merupakan tradisi Rasulullah SAW. Kebiasaan ini banyak diikuti oleh umat Islam, sehingga banyak yang berbuka puasa dengan kurma dan air putih.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah satu di antara kalian ingin berbuka puasa maka berbukalah dengan kurma, jika tidak ada maka cukup dengan air, karena air itu bersih dan menyucikan.” (HR Imam Lima dan dinilai shahih oleh Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Al Hakim)

Hadits tersebut terdapat dalam kitab Bulughul Maram karya Al-Hafiz Ibnu Hajar al-Asqalani.

Nabi Muhammad SAW biasanya memakan kurma dalam bilangan ganjil. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Nabi Muhammad SAW selalu makan kurma dalam jumlah ganjil?

Makan Kurma dalam Jumlah Ganjil

Nabi Muhammad SAW memang memiliki kebiasaan makan kurma dalam jumlah ganjil, seperti 1, 3, 5, 7, atau 9. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Nabi Muhammad SAW makan kurma dalam jumlah ganjil.

  1. Bilangan Ganjil Kesukaan Nabi Muhammad

Mengutip buku Adab Sunnah karya Dr. KH. Rachmat Morado Sugiarto, Lc., M.A. al-Hafizh, Rasulullah SAW sering memakan kurma dengan bilangan ganjil. Karena beliau menyukai bilangan ganjil.

Nabi Muhammad SAW pernah melakukan hal itu saat berbuka puasa dan ketika berangkat salat Idul Fitri. Sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah hadits,

“Pada hari raya Rasulullah SAW tidak berangkat untuk melaksanakan sholat hingga beliau makan beberapa butir kurma.” Anas berkata: “Beliau makan beberapa kurma dengan bilangan ganjil” (Shahih Al-Bukhari, 2/17 hadits 953).

  1. Menangkal Racun dan Sihir

Dilansir dari buku 24 Jam Belajar Sunah Nabi oleh Romy Hernadi, mengonsumsi buah kurma dalam bilangan ganjil dipercaya dapat menangkal racun dan sihir. Hal ini terdapat hadits Nabi Muhammad SAW yang menyebutkan bahwa makan kurma dalam bilangan ganjil, khususnya tujuh butir kurma Ajwa, dapat menangkal racun dan sihir.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Shahabat Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Rasulullah SAW beliau pernah bersabda:

مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً، لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ

“Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.”

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda:

“Kurma ajwa itu berasal dari Surga, ia adalah obat dari racun.” (HR Ibnu Majah dari Sahabat Jabir bin Abdillah dan Abi Sa’id, demikian juga At-Tirmidzi dalam sunnannya dari Abu Hurairah. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Misykatul Mashaabiih (IV/164/4163), yang juga dimuat oleh Syaikh Salim bin Ied Al-Hilaly dalam Shahih Ath-Thibb An-Nabawy fi Dhau’il Ma’arif Ath-Thabiyyah wal Ilmiyyah Al-Haditsah).

Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Berbuka puasa dengan makan kurma merupakan amalan sunah yang mendatangkan pahala. Selain memiliki keutamaan dalam agama Islam, buah kurma juga ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Dirangkum dari laman Kementerian Kesehatan, berikut ini adalah manfaat buah kurma untuk kesehatan:

  1. Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori

Sebagian besar kalori dalam buah kurma adalah karbohidrat dan sisanya protein. Meski memiliki kalori yang tinggi, kurma juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh, seperti vitamin A, vitamin K, dan potassium.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kurma juga memiliki kandungan serat di dalamnya. Kandungan serat yang terdapat di dalam buah kurma dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

  1. Mencegah Penyakit Kronis

Antioksidan dalam kurma dapat membantu mencegah beberapa penyakit kronis.

  1. Menstabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula yang Lebih Sehat

Kurma dapat membantu menstabilkan gula darah dan bisa menjadi pengganti gula putih yang lebih sehat karena kaya akan nutrisi, serat, dan antioksidan.

  1. Jadi Menu Tambahan dalam Diet

Kurma bisa menjadi tambahan dalam diet harian dan dapat dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya.

  1. Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang

Kadar potasium yang tinggi dalam kurma membantu mengganti elektrolit yang hilang dalam tubuh.

  1. Melindungi Tubuh dari Peradangan

Kaya akan polifenol, kurma dapat membantu melindungi tubuh dari peradangan.

  1. Meningkatkan Kesuburan

Kandungan asam amino dan seng dalam kurma dapat meningkatkan kesuburan baik pada wanita maupun pria.

  1. Mencegah Anemia

Konsumsi kurma dapat membantu mencegah anemia karena kandungan zat besi yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *