Hikmah Malam: Apa Yang Kita Lakukan Setelah Khatam Al-Qur’an?

Khatam Al-Qur'an
Khatam Al-Qur'an
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Berikut bacaan doa khatam Al-Qur’an yang dapat diamalkan:

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Allhummarhamni bilquran. Waj’alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allhumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa ‘allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa’atrofannahaar waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.

Artinya: “Ya Allah, belas kasihanilah aku karena Al-Qur’an. Jadikanlah Al-Qur’an sebagai imamku, petunjuk dan rahmat. Ya Allah, ingatkan aku dengannya bila aku lupa dan ajarilah aku apa yang tidak mengerti dari padanya. Berilah aku bisa membaca waktu malam dan siang. Jadikanlah dia hujjah bagiku wahai Tuhan seru sekalian alam.”

Dikutip dari buku Potret Kompetensi Dasar Santri karya Abd. Muqit, dijelaskan berdoa setelah khatam Al-Qur’an juga dilakukan segolongan fuqaha, hanya saja, tidak ada riwayat shahih tentang fadhilah khusus berdoa setelah khatam Al-Qur’an. Juga tidak ada yang shahih tentang jenis doa apa setelah khatam Al-Qur’an itu.

Imam Malik memperkuat pendapat ini bahwa doa khatam Al-Qur’an merupakan amalan para sahabat nabi dan bukan termasuk sunah dari Nabi SAW.

Tak hanya membaca doa saja, ada sebagian ulama yang menganjurkan untuk menghidangkan makanan sebagai ungkapan bahagia dan rasa syukur karena telah mengkhatamkan Al-Qur’an. Pendapat tersebut didasarkan pada keterangan Imam Ibnu Hajar Al Haitami Rahimahullah berikut.

“Para sahabat kami (Syafi’iyah) menjelaskan tentang makanan yang dihidangkan ketika khatam Al-Qur’an merupakan sunah, hal itu diqiyaskan dengan pesta-pesta yang disunahkan dengan menghimpun berbagai kebahagiaan dan menampakkan rasa syukur atas nikmat besar ini. Cukuplah itu menjadi dalil atas sunahnya apa yang disebutkan itu, dan aku tidak ketahui adanya khabar dan atsar khusus tentang itu, kecuali apa yang dinukil dari Umar Radhiallahu ‘Anhu bahwa Beliau ketika khatam membaca Al Baqarah, beliau menyembelih unta.” (Al Fatawa Al Fiqhiyah Al Kubra)

Wallahu a’lam.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *