Kultum 405: Ingat Ramadan Juga Ingat Zakat

Ingat Ramadan Juga Ingat Zakat
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Pembaca yang dirahmati Allah,

Hajinews.co.id – Berhati-hatilah jika belum mengeluarkan zakat. Kita harus menyerahkan zakat yang merupakan zakat wajib dan jika kita memiliki simpanan lebih dari batas nisab, yaitu kalau lebih dari 85 gram emas kita harus memberikan 2,5% dari emas itu sebagai zakat. Memang banyak orang yang tidak menghitung zakat dengan baik.

Kita harus menghitung zakat dengan jujur ​​dan lebih baik memberi sedikit lebih banyak daripada memberi lebih sedikit. Bulan Ramadan ini adalah bulan yang melahirkan kedermawanan, bulan ini adalah bulan sedekah. Kita akan mendapatkan 10 kali lebih banyak pahala dari perbuatan baik kita di bulan biasa.

Bulan ini juga kita harus melakukan amal maksimal dan kita harus memberikan lebih banyak waktu untuk keluarga kita. Sering kali kita mengabaikan keluarga kita, kita harus memastikan bahwa kita memberikan lebih banyak waktu untuk keluarga kita dan melakukan semua kegiatan ini secara kolektif.

Kita juga harus memiliki rasa belas kasih, cinta kasih, ikhalskan hati jika mereka melakukan kesalahan. Maafkan mereka karena bulan Ramadan adalah bulan yang penuh pengampunan. Jika Anda telah melakukan sesuatu yang salah, jangan lupa untuk minta pengampunan.

Ringkasnya, kita harus melakukan perenungkan dan memastikan bahwa kita merencanakan bulan Ramadan dengan benar dan memastikan bahwa kita tidak menyia-nyiakan satu menit bahkan satu detik pun. Ini adalah bulan pembersihan pada diri dan harta kita. Dan bulan ini adalah bulan perbaikan diri juga dan selain itu kita harus menjadikan titik untuk melakukan hal yang sama untuk saudara-saudara Muslim lainnya.

Ini juga merupakan bulan terbaik untuk melakukan dakwah yaitu menyampaikan pesan ke-Islam-an kepada non-Muslim. Jadi sungguh perlu kepada saudara dan saudari non-Muslim untuk merencanakan bulan kita secara efisien dan memastikan bahwa kita akan memanfaatkan setiap detik dari bulan yang ‘diberkati’ ini.

Ulama memberikan saran bahwa kita dan setiap Muslim harus membuat sebuah poin bahwa kita harus membuat resolusi dengan berpuasa setiap hari di bulan Ramadan yang diberkati ini. Dan hendaknya kita berusaha memperoleh semua manfaat bulan ini dan tidak boleh menyia-nyiakan satu kesempatan di bulan ini untuk hal-hal yang sia-sia dan berusaha untuk berkonsentrasi sebanyak mungkin mengingat Allah Subhanahu wata’ala.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *