Sosok Letjen Yudi Abrimantyo, Anak Buah Prabowo yang Sekaligus Kepala BAIS TNI

Letjen Yudi Abrimantyo
Letjen Yudi Abrimantyo
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idYUDI Abrimantyo resmi menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI menggantikan Jenderal Rudianto yang dipromosikan menjadi Danjen dari Akademi TNI. Pangkat Yudi pun naik satu tingkat dari mayor jenderal menjadi letnan jenderal atau perwira tinggi bintang tiga.

Pengangkatan Letjen Yudi Abrimantyo ke Kabais TNI berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Kep/329/III/2024 tanggal 22 Maret 2024 tentang Pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Berdasarkan perintah tersebut, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memindahkan dan merotasi 52 Pati TNI. Informasinya: Pati TNI AD 40 orang, Pati TNI AL 10 orang, dan Pati TNI AU dua orang. Yudi termasuk dalam gelombang mutasi jajaran TNI AD.

Ditugaskan memimpin intelijen tentu bukan tugas baru bagi Yudi, karena ia berasal dari satuan Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Setiap prajurit pasukan khusus TNI AD itu tentu memiliki keahlian intelijen untuk menangani tugas-tugas rahasia.

Profil Yudi Abrimantyo

Yudi Abrimantyo merupakan lulusan Akademi Militer 1989. Ia masuk dalam satuan Infanteri Kopassus.

Karirnya dalam dunia intelijen tentu tidak diragukan lagi, berbagai posisi pernah ia emban. Salah satunya menjadi Paban Utama A-5 DIt A BAIS TNI periode 2016 hingga 2018.

Lalu pada 2018 ia menjabat sebagai Bandep Ur Sosbud Deputi Bidang Pengembangan Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) sampai 2020.

Yudi lalu dipromosi menjadi Sekretaris Ditjen Strategi Pertahanan Kemenhan 2020-2021. Kemudian diangkat jadi Kepala Badan Instalasi Strategis Nasional Kementerian Pertahanan 2021-2024, atau anak buah Menhan Prabowo Subianto, sebelum dipercaya sebagai Kepala BAIS TNI.

Dikutip dari Wikipedia, adapun brevet atau lencana TNI yang diterima oleh Letjen Yudi Abrimantyo selama karirnya di milter, pertama Brevet Kualifikasi Komando Kopassus dan Brevet Jump Master.

Setelahnya ada Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Satyalancana Bhakti, Satyalancana Ksatria Yudha.

Selain itu Letjen Yudi juga mendapatkan lencana kesetiaan, diantaranya Satyalancana Kesetiaan 24 Tahun, Satyalancana Kesetiaan 16 Tahun, dan Satyalancana Kesetiaan 8 Tahun.

Selanjutnya Satyalancana G.O.M VII yang merupakan tanda kehormatan jenis Satyalancana Peristiwa yang diberikan kepada anggota Angkatan Bersenjata dalam memberantas kekacauan yang dilakukan oleh kelompok bersenjata. Lalu Satyalancana Raksaka Dharma dan Satyalancana Seroja.

Sumber: okezone

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *