Merinding! Gelombang Dukungan Kampus-Kampus Dunia terhadap Palestina, Dunia Barat Goyah?



banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Dalam beberapa bulan terakhir, dunia menyaksikan gelombang dukungan yang luar biasa dari kampus-kampus ternama di seluruh dunia terhadap Palestina.

Demonstrasi dan protes telah meletus di berbagai universitas bergengsi di Amerika Serikat, negara-negara Eropa, dan Asia.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Gelombang dukungan ini menunjukkan isu Palestina telah menjadi perhatian global dan telah mempengaruhi opini publik di seluruh dunia.

Dukungan ini menunjukkan dunia Barat, yang selama ini dikenal sebagai pendukung kuat Israel, mulai goyah. Hal ini dapat membawa perubahan signifikan dalam dinamika politik global terkait isu Palestina.

Gelombang dukungan kampus-kampus dunia terhadap Palestina menunjukkan bahwa generasi muda di seluruh dunia semakin sadar dan peduli terhadap isu genosida yang dilakukan Israel di Jalur Gaza.

Para pemuda tidak takut untuk berbicara dan berjuang untuk apa yang mereka percayai. Ini adalah bukti bahwa mahasiswa tidak hanya peduli tentang pendidikan mereka, tetapi juga tentang penderitaan yang dialami rakyat Palestina akibat tindakan brutal Israel.

Mereka adalah agen perubahan, dan melalui aksi-aksi mereka, mereka dapat membawa perubahan nyata.

Sikap generasi muda di negara-negara Barat itu jelas sangat berbeda dengan sikap elite politik di sana yang menjadi pendukung buta kekejaman Israel di Palestina.

Gerakan mahasiswa itu jelas mengguncang kancah politik Barat yang selama ini didominasi oleh para elite pendukung Israel dan lobi Zionis.

Protes di Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, mahasiswa di sejumlah kampus bergengsi menggelar protes untuk menyatakan dukungan mereka terhadap Palestina.

Demonstrasi ini meletus di Universitas Southern California dan di Texas.

Gerakan ini dimulai di Universitas Columbia di New York, di mana puluhan mahasiswa ditangkap aparat pekan lalu. Gerakan protes ini ditanggapi keras oleh pemerintah AS. Lebih dari 2.000 orang, termasuk para mahasiswa, telah ditangkap aparat karena menggelar unjuk rasa pro-Palestina.

Penangkapan itu dilakukan dengan kekerasan. Penangkapan ini membuktikan standar ganda AS yang selama ini berkoar-koar tentang demokrasi dan kebebasan pendapat.

Ternyata, jika yang berunjuk rasa adalah para pendukung Palestina, aparat AS bertindak sewenang-wenang dan berusaha membatasinya.

UCLA

Pada Selasa malam waktu setempat (30/4/2024), petugas Kepolisian Kota New York yang mengenakan perlengkapan antihuru-hara mendatangi Universitas Columbia untuk membubarkan perkemahan mahasiswa yang didirikan sebagai bentuk solidaritas dengan masyarakat Gaza.

Puluhan mahasiswa ditangkap, ketika polisi menggunakan kendaraan lapis baja untuk masuk ke salah satu gedung universitas. Petugas juga menggunakan flash bang untuk membubarkan massa.

Meskipun Universitas Columbia telah menjadi pusat demonstrasi mahasiswa dan tindakan keras polisi yang terjadi setelahnya, gambaran penindasan polisi terhadap mahasiswa Amerika yang berdemonstrasi mendukung Palestina telah tercermin di seluruh AS selama beberapa pekan terakhir.

Setidaknya 150 perkemahan solidaritas Gaza telah didirikan di universitas-universitas AS.

Middle East Eye melihat contoh-contoh di mana polisi menggunakan kekerasan untuk membubarkan, menangkap, dan menyerang demonstran mahasiswa di kampus-kampus, serta pecahnya kekerasan yang dipicu provokasi pihak lain yang mencoba menerobos masuk dan mengganggu perkemahan tersebut.

Universitas California

Pada Selasa malam (30/4/2024), ketika polisi mendatangi mahasiswa di Universitas Columbia, kerumunan demonstran tandingan mulai menyerang perkemahan solidaritas Gaza yang didirikan di Universitas California-Los Angeles.

Sekitar pukul 22.50 waktu setempat, para pendukung pro-Israel tiba di perkemahan dan meluncurkan kembang api ke arah para pengunjuk rasa pro-Palestina dan menyebarkan apa yang tampak seperti semprotan beruang, menurut laporan lokal.

Para pelajar pro-Palestina terlihat di media lokal menutupi diri mereka dari semprotan air dengan payung, dan setidaknya satu orang dibawa dengan ambulans untuk mendapatkan perawatan.

Beberapa video yang diposting di media sosial menunjukkan pendukung pro-Israel mengacungkan tongkat dan tongkat, serta melayangkan pukulan ke beberapa mahasiswa.

The Daily Bruin, surat kabar mahasiswa UCLA, melaporkan sekitar 100 pendukung pro-Israel telah menyerbu perkemahan, sementara polisi dilaporkan hanya berdiri dan “mengawasi” kebrutalan pendukung Israel.

Universitas Emory

Di Universitas Emory di Atlanta, Georgia, polisi dipanggil pekan lalu untuk membubarkan perkemahan solidaritas mahasiswa di Gaza, yang juga didirikan sebagai protes terhadap pembangunan fasilitas pelatihan polisi yang dikenal sebagai “Cop City”.

Tindakan keras polisi berlangsung cepat dan agresif, dengan video yang menjadi viral menunjukkan profesor ekonomi Caroline Fohlin dijatuhkan ke tanah, dan kepalanya dijepit ke beton setelah dia meminta polisi berhenti menggunakan kekerasan terhadap seorang pengunjuk rasa.

Profesor lainnya, ketua departemen filsafat, Noelle McAfee, ditangkap polisi selama protes pro-Palestina di kampus.

Rekaman lain menunjukkan Polisi Negara Bagian Georgia menggunakan taser terhadap pengunjuk rasa lainnya.

 

Universitas Texas-Austin

Atas permintaan administrasi Universitas Texas-Austin, polisi negara bagian Texas segera dipanggil pada tanggal 25 April untuk membubarkan perkemahan yang didirikan mahasiswa.

Petugas polisi yang mengenakan perlengkapan antihuru-hara datang dengan berjalan kaki, menggunakan kendaraan, dan menaiki kuda serta menghadapi para pengunjuk rasa, yang kemudian membentuk rantai manusia untuk melindungi massa.

Apa yang terjadi adalah tindakan keras brutal terhadap pengunjuk rasa mahasiswa pro-Palestina, dengan rekaman yang diambil dan dipublikasikan di media sosial menunjukkan seorang petugas memukuli seorang pengunjuk rasa.

Rekaman lain yang diambil menunjukkan polisi mencengkeram kaki seorang siswa dan melemparkannya, serta menjatuhkan pengunjuk rasa lainnya ke tanah.

Polisi juga menggunakan semprotan merica pada pengunjuk rasa mahasiswa. Lebih dari 50 orang ditangkap.

Universitas Northeastern Pada tanggal 27 April, sekitar 100 orang ditangkap di Universitas Northeastern setelah ada laporan penggunaan bahasa antisemit dan retorika yang menghasut, yaitu kalimat “bunuh orang Yahudi”.

Namun, ungkapan tersebut ternyata berasal dari seorang pengunjuk rasa pro-Israel sendiri, bukan dari para mahasiswa yang terlibat dalam kamp solidaritas Gaza.

Meskipun demikian, polisi menyerbu dan membersihkan perkemahan pro-Palestina.

Universitas Washington

St Louis Di perkemahan yang didirikan di Universitas St. Louis Washington, petugas polisi membanting ke tanah, memukuli, dan menyeret seorang profesor sejarah berusia 64 tahun.

Steve Tamari, profesor Timur Tengah dan sejarah Islam di Southern Illinois University, mengatakan dia dirawat di rumah sakit akibat kekerasan tersebut, “dengan beberapa tulang rusuk patah dan tangan patah”.

Universitas Wisconsin-Madison

Di Universitas Wisconsin-Madison, seorang mahasiswa mengatakan kepada CNN bahwa protes kampus berlangsung damai sampai polisi tiba di lokasi kejadian.

Petugas polisi mulai berbaris dengan perisai di depan perkemahan mahasiswa, kemudian mulai mendorong masuk, memaksa para pengunjuk rasa untuk mundur.

Polisi kemudian memindahkan tenda-tenda dari perkemahan, yang kemudian didirikan kembali oleh para mahasiswa. Beberapa orang ditangkap oleh polisi, menurut laporan lokal.

Universitas Negeri Ohio dan Universitas Indiana

Sementara adegan penangkapan polisi serupa terjadi di kampus Ohio State dan Indiana University, kemarahan terjadi setelah foto-foto muncul secara online yang diduga menunjukkan penembak jitu ditempatkan di atap sekolah di tengah protes solidaritas Gaza yang sedang berlangsung.

Surat kabar mahasiswa Ohio State, melaporkan universitas tersebut mengonfirmasi polisi yang ditempatkan di atap salah satu gedung kampus memiliki senjata api, tetapi mengatakan tidak ada senjata yang ditujukan kepada pengunjuk rasa.

Di Universitas Indiana, polisi memastikan seorang penembak jitu ditempatkan di atap.

“Lokasi pengawasan memberi kita kemampuan untuk memperhatikan apa yang terjadi di atas, bukan di samping lapangan,” ujar Inspektur Polisi Negara Bagian Indiana, Doug Carter, kepada outlet berita lokal.

“Itu diubah menjadi posisi penembak jitu yang tertutup. Mungkinkah menjadi seperti itu? Ya. Apakah itu niat kami? Tidak.”

Universitas Arizona

Di Universitas Arizona, salah satu contoh kekerasan berlebihan yang paling mencolok adalah yang digunakan terhadap pengunjuk rasa mahasiswa dan massa di sekitarnya.

Rektor universitas Robert Robbins memerintahkan polisi datang dan membersihkan para pengunjuk rasa pada Selasa malam.

Polisi kemudian menggunakan “amunisi kimia yang mengiritasi” serta peluru karet terhadap pengunjuk rasa dan juga jurnalis, tindakan yang menurut Robbins adalah, “Demi kepentingan terbaik mahasiswa, dosen, dan staf kami untuk memastikan keselamatan mereka.”

Universitas Negeri Arizona

Di institusi lain di Arizona, Arizona State University, polisi juga dipanggil untuk membubarkan perkemahan di dua kampus universitas tersebut.

Setidaknya 72 orang ditangkap di tengah konfrontasi polisi. Video yang diposting online diduga menunjukkan polisi secara paksa melepas hijab seorang mahasiswa Muslim yang melakukan protes, sementara laporan mengatakan hal ini terjadi pada beberapa wanita Muslim.

Dewan Hubungan Amerika-Islam cabang Arizona mengutuk insiden tersebut dan mengatakan pihaknya sedang menyelidiki lebih lanjut.

Universitas South Florida

Di Universitas South Florida, polisi menggunakan tabung gas air mata pada Selasa untuk membubarkan kerumunan mahasiswa pro-Palestina yang mendirikan perkemahan mereka.

Meskipun gas air mata adalah zat yang dilarang dalam peperangan internasional, gas air mata sering digunakan polisi untuk membubarkan kelompok besar demonstran.

Walau tidak mematikan, paparan gas air mata dapat dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, seperti gagal napas dan kebutaan.

Gelombang Protes Menyebar ke Eropa dan Asia

Unjuk rasa mendukung Palestina yang bergema di kampus-kampus Amerika Serikat, menyebar ke Eropa. Ribuan mahasiswa menyerukan puluhan universitas untuk melakukan divestasi dari Israel.

Mahasiswa University College London (UCL) juga mendirikan perkemahan sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza.

Sekitar selusin tenda telah didirikan di luar gedung utama di Bloomsbury, di mana pintu masuk dibatasi karena hanya mahasiswa yang diperbolehkan memasuki kampus.

Tindakan yang dilakukan para mahasiswa di UCL dimaksudkan untuk menyerukan kepada administrasi kampus mereka untuk melakukan divestasi dari “kejahatan perang” Israel di Gaza dengan janji membangun kembali universitas-universitas di Gaza.

Para mahasiswa diberitahu pada Jumat (3/5/2024) bahwa pemeriksaan identitas akan dilakukan di gerbang kampus.

Demonstrasi mahasiswa pro-Palestina menyebar ke Jepang pada Jumat, dengan protes yang diadakan di Universitas Waseda di Tokyo menentang serangan Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza.

Rekaman di media sosial menunjukkan puluhan mahasiswa berkumpul untuk mendukung Palestina, meneriakkan, “Bebaskan Palestina, bebaskan Palestina, dan Palestina akan merdeka.”

 

Mereka juga membawa spanduk dan plakat bertuliskan slogan menentang Israel dan “Bebaskan Palestina, Selamatkan Gaza.”

Mahasiswa dan aktivis juga mendirikan perkemahan di universitas-universitas besar di Australia, termasuk di Sydney, seiring dengan semakin tingginya tuntutan divestasi dari Israel.

Gerakan mahasiswa pro-Palestina tampaknya akan terus meningkat di negara-negara Barat yang selama ini mendukung kekejaman Israel.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Komentar