Jaksa ICC Meminta Surat Perintah Penangkapan Terhadap PM Israel dan Pejabat Hamas

Surat Perintah Penangkapan Terhadap PM Israel
Gedung Pengadilan Pidana Internasional
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Pemerintah Israel dan sebagian besar masyarakatnya telah lama menyatakan bahwa PBB dan badan-badannya bersikap bias terhadap negara Yahudi.

Awal bulan ini, Netanyahu terlihat panik di depan umum terkait prospek penuntutan ICC dan dilaporkan meminta sekutunya, Presiden AS Joe Biden, untuk campur tangan dalam kemungkinan tindakan hukum terhadap Israel.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Surat perintah ICC apa pun dapat membuat pejabat Israel berisiko ditangkap di negara lain, sehingga semakin memperdalam isolasi internasional negara tersebut atas tindakannya dalam perang di Gaza.

Sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, tewas pada tanggal 7 Oktober, dan sekitar 35.000 orang tewas dalam perang di Gaza, menurut kementerian kesehatan Palestina, yang tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan.

Israel juga menghadapi kasus di pengadilan internasional yang diajukan oleh Afrika Selatan yang menuduh Israel melakukan genosida. Israel membantah tuduhan tersebut.

Jaksa harus meminta surat perintah tersebut dari panel praperadilan yang terdiri dari tiga hakim, yang membutuhkan waktu rata-rata dua bulan untuk mempertimbangkan bukti dan menentukan apakah proses persidangan dapat dilanjutkan.

Benny Gantz, mantan panglima militer dan anggota kabinet perang Israel bersama Netanyahu dan Gallant, mengkritik pengumuman Khan, dengan mengatakan bahwa Israel berperang dengan “salah satu kode moral yang paling ketat” dan memiliki sistem peradilan yang kuat yang mampu menyelidiki dirinya sendiri.

Sumber: kontan

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *