Bisakah Susu Memperburuk Asam Urat, Mitos atau Fakta?

Susu Memperburuk Asam Urat
minum Susu
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idSUSU merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat karena kandungan nutrisinya yang beragam. Namun, banyak mitos mengenai dampak negatif susu bagi kesehatan. Salah satunya bisa memperburuk asam urat. Apakah benar?

Ringkasan Laman Berita Kedokteran Hari Ini, Selasa (9/7/2024): Mitos atau kepercayaan bahwa susu bisa memperparah asam urat tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, beberapa jenis susu ternyata bermanfaat bagi penderita asam urat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Produk susu tertentu dapat mengurangi risiko kadar asam urat tinggi dan asam urat. The Arthritis Foundation bahkan menganjurkan agar pasien asam urat minum lebih sedikit susu.

Protein dalam susu diketahui membantu tubuh membuang kelebihan asam urat, sehingga dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi risiko serangan asam urat.

Sebuah makalah tahun 2021 tentang asam urat di Jepang menemukan bahwa semua jenis susu dan produk susu dikaitkan dengan kadar asam urat yang lebih rendah, meskipun ada beberapa varian yang mendominasi.

Protein dalam produk susu juga dapat membantu tubuh membuang asam urat dan dapat membantu menurunkan kadar asam urat untuk mencegah kristal asam urat. Selain itu, mengonsumsi produk susu rendah lemak juga terbukti dapat membantu tubuh membuang asam urat melalui urin.

Sebuah artikel penelitian pada 2021 meneliti prevalensi asam urat di Jepang dan potensi kaitannya dengan pola makan. Penulis artikel menyarankan, bahwa susu bubuk skim yang mengandung ekstrak lemak dan glikomakropeptida sejenis protein, dapat meredakan nyeri sendi dan mengurangi serangan asam urat selama tiga bulan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *