Apa Yang Jadi Pertanda Sering Mengantuk di Pagi Hari? Berikut 7 Daftarnya…

Sering Mengantuk di Pagi Hari
Sering Mengantuk di Pagi Hari
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idMengantuk merupakan kondisi normal yang biasanya disebabkan oleh kurang tidur. Namun apakah itu sering menjadi pertanda sering mengantuk di pagi hari?

Ternyata rasa ngantuk di pagi hari seringkali bisa disebabkan oleh kebiasaan makan dan minum yang tidak sehat, gangguan tidur, dan masalah kesehatan serius lainnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mengubah kebiasaan kesehatan dan gaya hidup, serta menghilangkan masalah kesehatan umum, dapat mencegah tubuh mengantuk.

Ketahui penyebab sering mengantuk di pagi hari berikut ini.

Sering mengantuk di pagi hari pertanda apa?

Sering mengantuk di pagi hari ternyata tidak hanya disebabkan oleh faktor kebiasaan dan asupan makanan, tetapi juga dipicu oleh masalah kesehatan tertentu.

Disarikan dari Medical News Today dan WebMD, berikut adalah beberapa penyebab sering mengantuk di pagi hari yang perlu diwaspadai.

Kebiasaan tidur yang kurang baik

Kebiasaan tidur yang kurang baik dapat berdampak negatif pada kualitas tidur di malam hari dan membuat Anda sering mengantuk di pagi hari.

Beberapa kebiasaan tidur yang membuat Anda mengantuk terus, yakni tidur dan bangun di jam yang berbeda setiap hari, terlalu lama tidur siang, dan menggunakan gawai sebelum tidur.

Jarang olahraga

Jarang berolahraga tidak hanya akan membuat tubuh lebih lemas, tetapi juga akan menurunkan kualitas tidur di malam hari dan membuat Anda sering mengantuk.

Untuk itu, Anda diimbau untuk berolahraga setidaknya selama 30 menit setiap lima hari dalam seminggu agar kesehatan tetap terjaga dan terhindar dari rasa ngantuk.

Sering buang air kecil di malam hari

Dorongan dan frekuensi buang air kecil di malam hari yang tinggi dapat membuat Anda sering terbangun saat tidur dan tidak nyenyak.

Meskipun umumnya disebabkan oleh konsumsi cairan yang terlalu berlebihan di malam hari, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu sehingga perlu diatasi secara medis.

Makan makanan yang bisa mengganggu tidur

Makan makanan yang berlemak dan pedas, khususnya di malam hari sebelum tidur, dapat menyebabkan gangguan pencernaan serta menurunkan kualitas tidur di malam hari.

Kondisi ini tidak hanya membuat Anda tidak bisa tidur dengan nyenyak, tetapi juga akan merasa sangat mengantuk di pagi hari.

Minum kopi atau alkohol di malam hari

Kafein pada kopi dapat membuat Anda terhindar dari rasa kantuk sehingga kualitas tidur di malam hari berkurang.

Minuman beralkohol juga akan menurunkan kualitas tidur sehingga menjadi salah satu alasan kenapa mengantuk terus padahal tidur cukup.

Gangguan tidur

Gangguan tidur dapat membuat seseorang merasa sangat mengantuk di pagi hari meskipun sudah tidur setidaknya selama tujuh jam setiap malam.

Beberapa gangguan tidur yang kerap dialami, yakni insomnia, apnea tidur, sindrom kaki gelisah, dan bruxism.

Gangguan kesehatan lainnya

Beberapa masalah kesehatan bisa membuat badan lemas dan mengantuk meskipun sudah tidur cukup, seperti anemia, diabetes, hipotiroid, penyakit jantung, dan depresi.

Masalah kesehatan tersebut perlu diatasi secara medis sehingga bisa mengatasi sering ngantuk di pagi hari.

Memahami sering mengantuk di pagi hari pertanda apa sangatlah penting sehingga Anda bisa melakukan tindakan perawatan dan pengobatan yang diperlukan.

Meskipun begitu, Anda diimbau untuk tidak melakukan diagnosis pribadi dan minum obat yang belum terbukti aman secara medis karena bisa berbahaya untuk kesehatan.

Segera konsultasikan dengan dokter jika sering mengantuk sehingga pemeriksaan lebih lanjut bisa dilakukan dan Anda bisa mendapatkan pengobatan serta perawatan medis yang tepat.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *