Waspada, Hujan Deras Masih Akan Terus Guyur Jabodetabek

Ilustrasi hujan. (Istockphoto/ VisualCommunications)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat untuk kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) akan terjadi hingga pekan depan.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab mengatakan, intensitas hujan tersebut terjadi di saat belum memasuki puncak musim hujan. “Ini yang perlu kita cermati, saat ini adalah belum memasuki puncak musim hujan. Jadi potensi hujan rendah dan hujan lebat masih ada sampai seminggu ke depan,” ujar Fachri di Jakarta, Rabu (1/1/2020).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Selain itu, Fachri mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kondisi pasang air laut yang diprediksi terjadi dalam awal minggu Januari 2020.

BMKG memprediksi pada 5-6 Januari akan ada pasang air laut yang mempengaruhi kenaikan permukaan air di daratan saat hujan mengguyur hingga banjir. “Jadi kita masih awal, BMKG akan menginformasikan ‘warning’ itu tiga jam sebelum kejadian, seperti halnya kami infokan ke masyarakat,” ujar dia.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R Mulyono Prabowo, menambahkan curah hujan yang lebat dengan disertai kilat atau petir serta angin kencang masih akan terjadi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya hingga 4 Januari mendatang.

Mulyono menuturkan cuaca ekstrem ini disebabkan fenomena atmosfer di kawasan yakni Monsun Asia yang menyebabkan terjadinya peningkatan pasokan massa udara basah di wilayah Indonesia.

Di saat bersamaan, perlambatan kecepatan angin dan kenaikan suhu permukaan laut di beberapa wilayah Indonesia memicu peningkatan uap air cukup tinggi yang mendukung pembentukan awan hujan. “(Cuaca ekstrem) juga diperkuat oleh fenomena gelombang atmosfer (Equatorial Rossby Wave dan Kelvin Wave) yang signifikan di sekitar wilayah Indonesia,” kata Mulyono pada Rabu (1/1/2020).

Selain DKI Jakarta dan sekitarnya, BMKG memprediksi curah hujan lebat juga berpotensi membasahi sebagian wilayah Indonesia mulai dari Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

BMKG memperkirakan curah hujan dengan intensitas lebat bahkan mungkin terjadi hingga 7 Januari di beberapa wilayah Indonesia seperti Jawa barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, NTB, NTT, hingga Papua. Lembaga tersebut mengimbau masyarakat untuk waspada dan mengantisipasi risiko banjir, tanah longsor, angin kencang, dan pohon tumbang selama periode tersebut. (rah/antara/cnnindonesia)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *