Hikmah Malam: Tiga Wasiat Rasulullah

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id,- Ini adalah sebuah kisah tentang lelaki yang datang kepada Nabi dan minta nasehat tentang amalan yang dapat dilakukannya.

Sebuah hadits dari Abu Ayyub Al-Anshory radiyallahu anhu,  ada seorang laki laki datang kepada Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam kemudian (laki-laki) tersebut berkata, “Ya Rasulullah, nasehatilah aku dengan nasehat yang singkat..” Di dalam riwayat yang lain , laki laki itu berkata, “Ajarilah aku sesuatu yang ringkas..”

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kemudian Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda,  “Apabila engkau berdiri untuk melaksanakan sholat, maka sholatlah seolah olah engkau akan berpisah (dengan dunia ini),  janganlah anda mengucapkan suatu ucapan yang mendatangkan penyesalan di esok hari (hari kiamat) dan berputusasalah dari apa apa yang dimiliki oleh manusia ( tidak berharap pemberian mereka).” [HR. Ahmad dan Ibnu Majah].

Di dalam hadits di atas terdapat TIGA WASIAT Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam,

1. Wasiat akan pentingnya menjalankan sholat dengan sungguh sungguh dan penuh kekhusyu’an. Apabila seorang hamba melaksanakan ibadah sholat dan dia menghadirkan di dalam benaknya di dalam hati dan pikirannya bahwasannya sholat tersebut merupakan sholat terakhir yang dia kerjakan, maka dia akan bersungguh sungguh dalam mengerjakannya, dia akan memperhatikan rukun rukunnya, kewajiban kewajibannya, tuma’ninah dan kekhusyuannya.

2. Wasiat akan pentingnya menjaga lisan. Jangan sampai kita mengucapkan suatu ucapan menurut kita remeh, padahal ucapan tersebut mengundang murka Allah dan ucapan tersebut menjerumuskan kita ke dalam neraka. Ingatlah bahwasannya ada malaikat yang mengawasi dan mencatat semua ucapan kita.

3. Wasiat akan pentingnya menggantungkan hati hanya kepada Allah. Yaitu agar kita menggantungkan harapan kita hanya kepada Allah dan meyakini bahwasannya manusia hanya sekedar perantara. Apabila kita berharap kepada Allah, kita tidak akan pernah kecewa, namun apabila kita berharap apa yang dimiliki manusia, maka tidak sedikit kita mengalami kekecewaan.

(sumber ceramah Syaikh Prof. Dr. Abdurrazzaq dalam pendakwah.com).

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar