Tak Cuma Eropa, Virus Corona Sebar Teror dan Rasisme ke Seluruh Dunia

Petugas medis memeriksa penumpang di China, cegah wabah corona. (Foto: Reuters)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id – Virus corona tak hanya membuat warga keturunan China di Eropa terkena dampak buruk terkait sentimen rasisme. Penyebaran virus corona juga turut membawa ketakutan dan rasisme ke seluruh penjuru dunia.

Xenophobia atau kebencian terhadap orang asing bukan hanya dari China, tapi juga terhadap warga negara Asia lainnya yang dilaporkan meningkat pasca penyebaran virus yang mematikan tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Seperti dilansir dari Channel News Asia, telah terjadi lonjakan dalam laporan retorika anti-China yang juga ditujukan pada orang-orang Asia, terlepas dari apakah mereka pernah mengunjungi pusat epidemi atau pernah melakukan kontak dengan virus.

Para wisawatan China dilaporkan telah diludahi di Kota Venesia, Italia. Sebuah keluarga di Turin dituduh membawa penyakit itu dan para ibu di Milan telah menggunakan media sosial untuk menyerukan agar anak-anak dijauhkan dari teman sekelas mereka yang berasal dari China.

Adapun di Kanada, seorang pria kulit putih difilmkan memberi tahu seorang wanita China-Kanada bahwa dia menjatuhkan virus corona di tempat parkir sebuah mal setempat. Di Malaysia, sebuah petisi untuk melarang masuk warga China menerima hampir 500 ribu tanda tangan dalam satu pekan.

Berbagai insiden itu adalah bagian dari apa yang dideskripsikan oleh Fakultas Kedokteran Darurat Australasian sebagai informasi yang salah, yang memicu profil rasial di mana asumsi yang sangat menyedihkan dibuat tentang orang-orang China atau berpenampilan Asia.

Penyakit telah lama disertai dengan kecurigaan terhadap orang asing, dari imigran Irlandia yang menjadi sasaran dalam kepanikan Maria Tifoid tahun 1900-an di Amerika, hingga penjaga perdamaian Nepal dituduh membawa kolera ke Haiti.

“Ini adalah fenomena umum. Dengan wabah dan epidemi sepanjang sejarah manusia, kami selalu berusaha menjelek-jelekkan himpunan bagian tertentu dari populasi,” kata Rob Grenfell, Direktur Kesehatan dan Biosekuriti lembaga penelitian Australia, CSIRO.

Dia membandingkan perilaku itu dengan abad pertengahan Eropa, yang kerap dilanda wabah, tempat orang asing dan kelompok agama sering disalahkan. “Tentu itu (virus Corona) muncul di China. Tapi, itu bukan alasan untuk benar-benar menjelek-jelekkan orang China,” tegasnya.

Claire Hooker, seorang dosen kesehatan di University of Sydney, mengatakan, tanggapan dari pemerintah setempat mengenai virus tersebut mungkin menambah prasangka buruk terhadap China dan warganya.

“Larangan perjalanan merespons sebagian besar ketakutan orang-orang. Meskipun kadang-kadang diperlukan, itu sering memiliki efek memperkuat hubungan antara orang-orang China dan virus yang menakutkan,” ucapnya.

Menurut Hooker, penelitian di Toronto tentang dampak sindrom pernafasan akut yang parah, atau SARS –wabah koronavirus global lainnya pada tahun 2002– menunjukkan dampak sentimen xenofobik yang seringkali bertahan lebih lama daripada ketakutan kesehatan masyarakat.

“Meskipun mungkin ada penghentian bentuk langsung rasisme ketika berita tentang penyakit ini mereda, dibutuhkan sedikit waktu untuk pemulihan ekonomi dan orang-orang terus merasa tidak aman,” jelas dia. (rah/berbagai sumber)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *