Lapangkanlah Yang Sempit

foto : Unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Lapangkanlah Yang Sempit

Ditulis oleh: Zahir al-Minangkabawi

Jika kita berkelapangan, kita berkesempatan mendapatkan pahala dari piutang yang kita tangguhkan. Memberi tempo buat saudara kita yang belum mampu membayar hutangnya adalah akhlak yang mulia, ganjarannya luar biasa. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

 مَنْ أَنْظَرَ مُعْسِرًا كَانَ لَهُ بِكُلِّ يَوْمٍ صَدَقَةٌ وَمَنْ أَنْظَرَهُ بَعْدَ حِلِّهِ كَانَ لَهُ مِثْلُهُ فِي كُلِّ يَوْمٍ صَدَقَةٌ

“Barang siapa yang memberi tangguh kepada mereka yang dalam kesulitan maka baginya pahala bersedekah setiap harinya. Dan barang siapa yang memberi tangguh setelah jatuh temponya maka baginya seperti pahala sedekah (sejumlah piutangnya) setiap harinya.” (HR. Ibnu Majah: 2418, ash-Shahihah: 86).

Berilah kelapangan kepada mereka yang kesulitan, moga-moga Allah berkenan memberi kelapangan pula pada kita nanti di hari kiamat. Karena balasan sesuai dengan amalan. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَة

“Barang siapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allah akan melapangkan darinya satu kesusahan di hari kiamat. Barang siapa yang memudahkan urusan orang yang kesulitan (dalam masalah hutang), maka Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat.” (HR. Muslim: 2699).

Oleh sebab itu, jika seandainya memang saudara kita yang berhutang belum mampu membayar hutangnya maka berilah ia tangguh. Tidak perlu bersempit dada, karena Allah maha Bijaksana. Ingat ganjaran akhirat yang Ia siapkan buat kita.

Semoga bermanfaat.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar