Resmi Menjadi WNI, Ini Nama Asli Syeh Ali Jaber

Almarhun Syekh Ali Jaber (foto istimewa)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Publik mengetahui kalau Syeh Ali Jaber adalah ulama yang berasal dari Madinah Arab Saudi, namun kecintaan beliau pada Indonesia memutuskannya untuk melepaskan kewarganegaraan Arab dan resmi menjadi Warga Negara Indonesia pada tahun 2012.

Syeh Ali Jaber bernama asli Ali Saleh Mohammed Ali Jaber. Dia lahir di Madinah, Arab Saudi pada 3 Februari 1976 atau bertepatan dengan tanggal 3 Shafar 1396 H. Ali Saleh Muhammed Ali Jaber ini merupakan sulung dari 12 bersaudara.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Syekh Ali Jaber menempuh pendidikan formal dari ibtidaiyah hingga Aliyah di Madinah. Kemudian setelah lulus sekolah menengah, Syekh Ali Jaber melanjutkan pendidikan khusus pendalaman Al-Quran pada tokoh dan ulama ternama di Arab Saudi.

Di masa kecilnya, Ali Jaber telah menekuni membaca Al-Quran dengan motivasi dari sang ayah. Dalam mendidik agama, khususnya Al-Quran dan shalat, ayahnya memang sangat keras, bahkan tidak segan-segan memukul bila Ali Jaber kecil tidak menjalankan shalat.

Meskipun pada awalnya apa yang dirinya jalani adalah keinginan sang ayah, namun lama-kelamaan dirinya menyadari bahwa semua itu sebagai kebutuhannya sendiri dan pada usia sebelas tahun, Syekh Ali Jaber telah hafal 30 juz Al-Quran.

Di Madinah, dirinya memiliki masjid besar yang digunakan untuk syiar Islam. Sebagai anak pertama dari dua belas bersaudara, Syekh Ali Jaber dituntut untuk meneruskan perjuangan ayahnya dalam syiar Islam.

Pada tahun 2008, Syekh Ali Jaber mulai berdakwah di Indonesia. Beliau sempat menjadi juri pada Hafiz Indonesia dan menjadi Da’i dalam berbagai kajian di beberapa stasiun televisi nasional.

Umat Islam di Indonesia kini telah kehilangan beliau. Sosok ulama yang terkenal santun dan begitu lemah lembut. Syeh Ali Jaber meninggal hari ini di rumah sakit pada pukul 08.38 Kamis, 14/1/2021.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *