Agar Duduk Diganjar Pahala Salat

Agar Duduk Diganjar Pahala Salat
ilustrasi : pahala salat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Yoshi Putra Pratama

HajinewsSALAT merupakan amalan yang akan pertama kali dihisab pada hari kiamat, salat adalah ‘silah‘ (penghubung) yang terkuat antara seorang hamba dengan Rabbnya, salat adalah pembeda antara mukmin dan kafir, salat adalah tiang agama, salat adalah salah satu dari rukun islam, salat adalah amalan yang dirindukan para penghuni kubur untuk kembali dan mengerjakannya walaupun hanya dua rakaat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Lalu bagaimana bisa duduk seseorang diganjar pahala yang sangat luar biasa senilai amalan salat terus menerus?

Dari Abu Musa Al-Asy’ari ra berkata: Rasulullah SAW bersabda,

إنَّ أعظم الناس أجرًا في الصَّلاة أَبْعَدُهم إليها مَمشًى فأبعدُهم، والذي يَنتظر الصلاة حتى يصلِّيها مع الإمام أعظمُ أجرًا من الذي يصلِّيها ثم ينام (متفق عليه)

“Sesungguhnya manusia yang paling besar pahalanya pada salat adalah yang paling jauh jaraknya kemudian jalan kaki dan yang setelahnya, dan orang yang menunggu salat sampai dia salat bersama Imam lebih besar pahalanya daripada orang yang salat kemudian tidur” (Muttafaq ‘Alaihi)

Dan dari Abu Hurairah ra berkata : Rasulullah SAW bersabda :

ألا أدلُّكم على ما يمحو اللهُ به الخطايا ويرفعُ به الدرجاتِ؟قالوا: بلى يا رسولَ الله، قال: إسباغ الوضوءِ على المكارهِ، وكثرةُ الخُطى إلى المساجدِ، وانتظارُ الصَّلاة بعد الصلاةِ، فذلكم الرِّباطُ (الترمذي).

“Maukah kalian aku tunjukkan atas apa yang Allah SWT menghapus dengannya dosa-dosa dan mengangkat dengannya beberapa derajat? Mereka berkata : tentu wahai Rasulullah. Rasulullah SAW bersabda : Menyempurnakan wudhu di saat yang dibenci, memperbanyak langkah menuju masjid, dan menunggu salat setelah salat .” (Tirmidzi)

Dan dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda :

الملائكةُ تصلِّي على أحدكم ما دام في مُصلَّاه، ما لم يُحدِثْ: اللهمَّ اغفرْ له، اللهمَّ ارحمْه، لا يزال أحدُكم في صلاةٍ ما دامت الصلاةُ تحبسُه، لا يمنعه أن ينقلبَ إلى أهلِه إلا الصلاةُ(متفق عليه، واللَّفظ للبخاري).

“Para malaikat bershalawat kepada salah seorang di antara kalian selama masih berada ditempat salatnya, selama ia belum berhadats, (para malaikat berkata) : ya Allah ampunilah dia, ya Allah rahmatilah dia, dan salah seorang diantara kalian tercatat senantiasa pada salat selama salat menahannya, dan tidak tidak ada yang menahannya untuk pulang kepada keluarganya kecuali salat ” (Muttafaq ‘Alaih Lafadz dari Imam Al-Bukhari)

Dan masih banyak lagi hadits-hadits yang menjelaskan tentang fadhilah duduk menunggu salat . Sehingga seorang muslim yang sangat tamak ingin meraup pahala sebanyak banyaknya di sisi Allah seyogyanya tidak mengabaikan amalan yang luar biasa ini.

Duduknya seseorang dengan menjaga wudhunya menunggu salat akan terhitung baginya pahala salat .

Dan juga hal penting yang harus diperhatikan ketika ingin meraup pahala yang sempurna dari penantian salat ini adalah hendaknya tidak melakukan hal-hal yang sia-sia, melakukan kemungkaran dan juga tidak berbicara dengan orang lain hal-hal yang buruk, jelek apatah lagi mengghibah orang, karena pahalanya bisa berkurang, atau habis atau bahkan bisa minus.

Sumber : islampos

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *