3 ucapan yang dilarang oleh Rasulullah meski Bermaksud Canda

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Rasulullah merupakan teladan bagi umat muslim. Selain memberikan contoh untuk senantiasa beribadah dan bertaqwa kepada Allah, Rasulullah juga memberikan contoh berakhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari adab yang sehari-hari kita lakukan seperti adab makan, adab ke kamar mandi, adab tidur hingga adab bergaul dan berbicara dengan orang lain.

Dilansir hopsid, ada 3 kalimat yang tidak boleh diucapkan umat muslim, karena dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Memanggil dan merendahkan orang lain

Dalam salah satu Hadist Riwayat Muslim disebutkan bahwa ‘Janganlah sekali-kali salah seorang diantara kalian mengatakan : budak lelakiku, budak perempuanku! karena setiap lelaki dan perempuan adalah hamba Allah SWT.‘ Dalam pergaulan jaman sekarang sering kali kita mengatakan hal buruk dengan pembelaan bahwa kita adalah teman dan mengerti bahwa tidak ada maksud buruk mengatakannya. Tapi, sebaiknya hal seperti ini tidak dilakukan meskipun dengan niat bercanda.

2. Menilai bodoh diri sendiri

Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari sering kali kita melakukan kesalahan baik itu yang disengaja maupun tidak disengaja. Sebagai contoh ketika kita lupa meletakkan barang yang penting dan sering kita perlukan. Lalu, kita mengucap ‘Bodohnya aku’. Ucapan seperti itu adalah ucapan yang tidak diperbolehkan. Sebaiknya kita cukup beristighfar, dan berikhtiar agar tidak terjadi lagi kejadian tersebut.

Mengatakan kata kotor kepada orang lain sudah pasti merupakan hal yang dilarang, apalagi jika melakukannya kepada diri sendiri. Karena sebodoh apa pun manusia, manusia merupakan makhluk paling sempurna yang diciptakan Allah dibanding makhluk lain.

3.Mencaci waktu

Sesungguhnya tiap apa yang kita lakukan itu tergantung niatnya. Jika dimaksudkan untuk mengabarkan tanpa ada unsur mencela maka kalimat seperti ‘Cuaca hari ini sangat panas ya jadi membuat kita lebih lelah dari biasanya’ diperbolehkan terucap. Tapi, jika ada ucapan atau unsur mencela yang maka mencaci waktu sangat dilarang Rasulullah. Terkadang karena terlalu sibuk dengan dunia, kita tak menyadari bahwa waktu telah berlalu. Tak jarang pula keluar kata-kata cacian dari mulut kita tentang waktu. Hal ini juga tidak disukai Rasulullah. Sesungguhnya, berlalunya waktu dengan cepat disebabkan karena manusia yang sering menghabiskan waktu untuk kesibukan duniawi dan melupakan akhirat. Maka kita harus meningkatkan ketakwaan kita terhadap Allah SAW.

Nah, setelah kita tahu ucapan apa saja yang dilarang, sebaiknya kita menahan diri ya.

 

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *