Hikmah Malam : Amalan Menyambut Ramadhan yang Sayang untuk Dilewatkan

berdoa
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Bulan Ramadhan 2021 akan tiba sebentar lagi. Meskipun Ramadhan tahun ini masih diselimuti pandemi COVID-19, namun hal tersebut tidak mengurangi kegembiraan umat Islam dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebagai umat muslim yang taat, tentu segala persiapan menjelang Ramadhan harus dilakukan. Selain membayar utang puasa tahun lalu, ada beberapa amalan penting lainnya yang lebih baik dikerjakan.

Seperti dilansir NU Online, ada beberapa amalan menyambut Ramadhan yang sayang untuk dilewatkan. Berikut di antaranya:

1. Niat Menyambut Bulan Ramadhan dengan Suka Cita

Tak ada persiapan yang lebih utama dibanding menyambut Ramadhan dengan penuh suka cita. Karena, bisa berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan adalah sebuah berkah dan nikmat besar dari Allah.

Ramadhan merupakan bulan ketika pintu-pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup. Tak heran bila Rasulullah, para sahabat, dan ulama menyambut Ramadhan dengan gembira dan melepasnya dengan kesedihan.

2. Memperbanyak Ibadah Sunah

Untuk menyambut bulan penuh berkah, Rasulullah senantiasa memperbanyak ibadah sunnah termasuk puasa sunnah. Bahkan disebutkan dalam salah satu hadis bawa Nabi Muhammad lebih banyak berpuasa di bulan Sya’ban di banding bulan lainnya selain dari puasa wajib puasa Ramadhan.

Dari Aisyah Rahiyallahu ‘anha, beliau menuturkan:

“Rasulullah biasa mengerjakan puasa, sehingga kami berpendapat bahwa beliau tidak pernah tidak berpuasa, dan beliau biasa tidak berpuasa, sehingga kami berpendapat bahwa beliau tidak pernah berpuasa. Akan tetapi aku tidak pernah melihat Rasulullah berpuasa sebulan penuh, kecuali pada bulan Ramadhan, dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa daripada puasa di bulan Sya’ban” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Perbanyak Zikir

Salah satu keistimewaan di bulan Ramadhan adalah diampuninya dosa-dosa. Beristigfar sebanyak mungkin termasuk langkah sederhana yang dapat menghapus dosa di masa lalu. Selain itu, berzikir dan berselawat juga dapat menambah amalan baik di bulan suci Ramadhan.

4. Saling Memaafkan

Amalan menjelang bulan Ramadhan yang selanjutnya adalah saling memaafkan. Untuk menyambut bulan Ramadhan yang suci, tentunya kamu juga harus suci. Tidak hanya suci yang terlihat dari luar saja, namun juga suci dalam perbuatan dan jiwa.

Kamu mengenal hal ini dengan suci lahir dan bathin. Suci secara lahiriah bisa berarti membersihkan rumah serta halaman dan lain-lain. Sedangkan suci secara batiniah dapat diartikan sebagai salai memaafkan sesama muslim, terutama keluarga, tetangga, serta teman-teman.

5. Berziarah ke Makam Orang Tua

Berziarah memang hendaknya dilakukan rutin. Namun, sebelum datangnya Ramadhan ada baiknya kita mempererat silaturahmi dengan keluarga maupun mereka yang sudah meninggal. Hal demikian juga bisa memperkuat iman kita dengan mengingatkan dengan kematian.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *