Hikmah Malam : Kunci hidup menjadi lebih tenang dan tentram

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Hidup dengan tenang menjadi salah satu impian yang diidam-idamkan setiap manusia.

Hidup tenang tanpa kita sadari, kitalah yang menciptakannya. Apakah kita bisa menciptakan hidup tenang itu sendiri?.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Semua manusia tentu tak menginginkan hidup yang penuh dengan gejolak dan menyebabkan perasaan kurang menyenangkan. Memang pada kenyataannya, hidup itu tidak selamanya berjalan halus sesuai harapan yang diinginkan. Walaupun demikian, sebagai manusia yang berusaha, kita bisa mengusahakan untuk menciptakan kehidupan yang tenang dan tentram.

Apa saja yang perlu dilakukan untuk menciptakan hidup yang tenang ?.

Perbanyak bersyukur agar tenang

Bersyukur seringkali dianggap mudah. Sebenarnya yang mudah adalah mengucapkan katanya saja “Syukur”. Tetapi saat hendak menerapkannya, bisa terbilang sulit. Ketika kamu terlalu fokus dengan hal-hal yang negatif dan selalu membanding-bandingkan keadaanmu dengan keadaan orang lain, maka syukur masih sulit diimplementasikan. Bersukur tidak perlu menunggu mendapatkan sesuatu yang terlihat besar. Bisa bernafas dengan gratis, dan diberi kesehatan, maka syukurilah dengan mengucap Alhamdulillah setiap saat. Gunakan nikmat tersebut untuk melakukan kebajikan.

Peduli pada diri sendiri

Secara tak sadar pula anda sudah terlalu sering mengabaikan diri anda sendiri. Misalnya tidak menjaga pola makan, tidak tidur dengan cukup, tidak merawat diri, dan sebagainya yang berakibat pada buruknya kondisi anda. Hal ini akan membuat hidup terasa tidak tenang. Lagi-lagi semuanya karena ulah kita sendiri.

Terima saja apa yang tidak dalam kendali anda

Anda tidak bisa memaksakan segala sesuatunya harus sesuai dengan keinginan yang anda  standarkan. Jika kamu terus menginginkannya padahal di luar kendali diri anda dan di luar kendali kemampuanmu, maka anda  akan sering mendapati kekecewaan. Padahal sebenarnya anda ds sudah cukup baik dengan apa yang sudah anda  peroleh, tetapi karena menginginkan sesuatu hal yang sebenarnya bukan kendali anda maka anda hanya akan melihat di mana ekspektasi selalu tidak sesuai kenyataan.

Miliki prinsip hidup tenang

Anda adalah satu-satunya orang yang akan bertanggung jawab atas dirimu sendiri. Cobalah untuk mengenali diri sendiri, nilai-nilai yang ingin anda  pertahankan, dan prinsip hidup anda. Hal ini agar anda tidak mudah terombang-ambing yang akhirnya membuat hidup anda jadi gelisah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *