Hikmah Pagi : Tanda Orang yang Mendapatkan Lailatur Qadar

doa
ilustrasi berdoa
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hikmah Pagi ini, Malam Lailatul Qadar dan tanda-tanda orang yang menerimanya, malam Lailatul Wadar akan jatuh pada malam ganjil di 10 malam bulan Ramdhan yang akan jatuh pada tanggal 3, 5, 7, 9, 11 April 2021 atau 21, 23, dan 25, 27, dan 29 1442 Hijriah

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hajinews.id -Malam Lailatul qadar atau Lailatul Qodar, malam khusus atau malam istimewa di mana malam tersebut kerap disebut sebagai malam lebih baik dari seribu bulan.

Malam tersebut dinamakan Lailatul qadar atau malam penuh berkah, penuh ampunan, dan malam istimewa di mana setiap doa umat muslim dikabulkan.

Dijelaskan pula, jika Malam Lailatul Qadar itu jatuh pada malam-malam ganji di 10 malam terakhir yakni, malam ke-21, 23, 25, 27 dan 29 dalam bulan Ramadhan.

Mendapatkan berkah malam Lailatul Qadar memang tidak mudah. Bahkan hanya orang-orang teripilihlah yang akan mendapatkannya, orang-orang yang dipilih oleh Allah SWT karena keimanan, kebaikan dan keutamannya, terutama beribadah di malam Bulan Ramadhan.

Lalu, seperti apa tanda-tanda orang yang mendapatkan Lailatul Qoadar tersebut? Maka itu disebutkan ada 5 tanda orang-orang yang mendapatkan Lailatul Qadar, Yakni:

1. Terus Menerus Bertaubat

Dijelaskan oleh pimpinan Ponpes Miftahul Huda Musi Banyuasin Sumsel, Ustaz Mustain bahwa, setiap umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa bisa mendapatkan malam Lailatul Qadar, namun hanya orang-orang yang dipilih Allah lah yang berhak mendapatkannya.

Maka itu, tanda pertama Orang yang bakal mendapatkan Malam Lailatur Qadar itu, adalah orang-orang yang mendapatkan hidayah sepanjang Bulan Puasa, dia merasa dirinya tidak sempurna dan penuh dosa.

Sehingga terus menerus ingin bertaubat dan bertaubat agar mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

“Terjadi peningkatan ibadah selama Bulan Puasa, bahkan setelanya dan selamanya,” ujar Ustaz Mustain.

2. Selalu Memperbaiki Diri untuk Lebih Baik

Lalu, tanda kedua menurut Ustaz Mustaib, orang yang mendapatkan lailatul qadar adalah orang yang selalu ingin memperbaiki sikap dan kelakuannya selama ini, dari yang tidak baik menjadi lebih baik.

Sikap ini ditunjukkan dalam keseharian, misalnya sebelumnya tidak berhijab kemudian berhijab.

“Atau berusaha untuk memperbaiki keselahan-kesalahan di masa lalu dan menjaga diri dari hal-hal yang dilarang Allah SWT,” jelasnya.

3. Memiliki Sifat Dermawan dan Berbagi

Adapun Tanda ketiga, orang yang akan mendapatkan Malam Lailatur Qadar adalah orang yang memiliki perubahan luar biasa.

Hal ini dijelaskan oleh Ustaz Abdul Somad ceramah agamanya, Maret lalu di Youtube Channel, bahwa orang tersebut menjadi dermawan dan selalu ingin berbagi.

“Jika sebelum Ramadhan dia pelit, tiba-tiba menjadi dermawan dan ingin selalu berbagi, dan setelah bulan Ramadhan tetap seperti itu,” ujarnya.

4. Wajah Bersinar

Selanjutnya, orang yang selalu beribadah akan terlihat suci dan bersih, karena selalu berwudhu dan menjaga diri dari hal-hal maksiat dan mudhorat.

Sehingga tampak sinar dari wajahnya yang teduh dan tenang serta damai

Ini juga disebut sebagai tanda orang yang mendapatkan Lailatul qadar.

5. Selalu Damai dan Menjalin Silaturahmi

Lalu tanda yang kelima adalah orang memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan.

Meminta maaf terlebih dahulu dan banyak menjalin kembali silaturahmi di bulan Ramadhan adalah tanda lain dari orang yang akan menerima atau mendapatkan Malam Lailatur Qadar.

Hal ini diterangkan dalam Surat Al Anakbut Ayat 69

“Orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk mencari kerdihaan kami, benar-benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami, sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik,”

Demikian tanda-tanda orang-orang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar. Seperti diketahui, beberapa hadis menyebutkan tentang malam Lailatul Qadar yang jatuh pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan.

Berdasarkan hadist yang dikeluarkan Aisyah RA, dinyatakan bahwa Rasulullah SAW beritikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

“Carilah malam Lailatul Qadar (di malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan (HR Bukhari dan Muslim).

Demikianlah tanda-tandanya, semoga kita semua adalah orang-orang yang bertobat dan mendapatkan keberkahan di Bulan Ramadhan, meningkat ibadah dan menjadi lebih baik lagi.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *