Lakukan Pertemuan Tertutup Dengan 10 Menlu, Retno Marsudi: Pendudukan Israel Harus Diakhiri

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi/Net
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews — Penyelesaian isu antara Palestina dan Israel perlu dilakukan dengan menekankan permasalahan mendasarnya, yaitu pendudukan.

Hal itu yang disoroti oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pertemuan tertutup dengan 10 menlu lainnya setelah sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di New York, Kamis (20/5).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Adapun 10 menlu lainnya yaitu dari Palestina, Turki, Pakistan, Arab Saudi, Qatar, Yordania, Kuwait, Maladewa, Aljazair, dan Tunisia.

Pertemuan dimaksudkan untuk mengonsolidasikan berbagai pandangan yang disampaikan dalam sesi debat umum di sesi pleno dan merumuskan langkah ke depan.

Dalam pertemuan tersebut, para menlu mendapatkan informasi mengenai gencatan senjata antara Israel dan Hamas yang dimulai sejak Jumat (21/5) pukul 02.00 dini hari.

Namun selain dari gencatan senjata, para menlu menekankan pentingnya negosiasi untuk menyelesaikan isu mendasarnya.

“Semua Menlu menekankan pentingnya tekanan diberikan agar negosiasi dapat segera dilakukan untuk meng-address core issue, yaitu pengakhiran pendudukan,” ujar Retno dalam konferensi pers virtual usai pertemuan, sebagaimana dilansir RMOL, Jumat (21/5).

“Jika core issue tidak dapat diselesaikan, para menlu yakin bahwa situasi serupa akan terulang lagi dan terulang lagi,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Retno menyampaikan pentingnya semua negara yang hadir agar menggunakan pengaruhnya agar isu mendasarnya yaitu penjajahan dapat diselesaikan.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *