Hentikan Kebiasaan Minum Teh Saat Makan, Pencetus Gangguan Kesehatan Serius

Hentikan Kebiasaan Minum Teh Saat Makan
Hentikan Kebiasaan Minum Teh Saat Makan. Foto/ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Orang Indonesia sangat familiar menyandingkan menu makan seperti nasi rames plus minum teh. Sayang, kebiasaan ini ternyata punya dampak kesehatan. Pasalnya, menurut sejumlah ahli, rutinitas tersebut kurang baik bagi kesehatan karena berisiko mengganggu proses pencernaan hingga penyerapan nutrisi ke dalam tubuh.

Memang banyak teh telah dikenal khasiatnya dapat menyehatkan tubuh karena kandungan antioksidan yang baik untuk pembuluh darah. Namun perlu diperhatikan jarak waktu antara makan dan minum teh, jangan terlalu dekat apalagi dijadikan minum saat makan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Widjaja Lukito, SpGK, PhD, staf pengajar di Program Pasca Sarjana Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, menyebutkan orang Indonesia banyak makan makanan yang sifatnya inhibitor, termasuk teh.

Makanan inhibitor sendiri adalah makanan yang dapat menghambat penyerapan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Teh disebut inhibitor karena sifatnya yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Sehingga berakibat kekurangan zat besi yang membuat seseorang menderita anemia atau kekurangan darah.

Hal tersebut terjadi karena kandungan tannin dan polifenol dalam teh justru mengikat protein dan zat besi yang terkandung dalam makanan yang baru dimakan. Bahkan kebiasaan minum teh saat makan bisa jadi menjadi masalah kesehatan lebih serius, seperti penyakit batu ginjal. Alasannya kandungan zat ocxalate pada teh justru menyebabkan pembentukan batu ginjal. Sehingga terjadinya pengkristalan pada saluran pembuangan air seni.

Kemudian, konsumsi gula berlebihan saat minum teh juga berpotensi memicu penyakit-penyakit deneratif seperti diabetes melitus tipe 2. Terakhir mengakibatkan dehidrasi karena dalam daun teh kering terdapat sifat diuretik dan akan menimbulkan rasa haus karena kekurangan air putih.

Sumber: tempo

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *