Hikmah Siang :Ciri Penghuni Surga yang Sudah Nampak di Dunia

ILUSTRASI PENGHUNI SURGA
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id- Salah satu tempat terindah yang sangat didambakan oleh para manusia adalah surga. Ada banyak kenikmatan yang terdapat di dalam surga, tetapi tentu saja surga tidak boleh di masuki oleh sembarang orang. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menjadi penghuni surga. Tentu Allah SWT telah menetapkan kriteria tersendiri untuk menjadi penghuni surga.

Dilansir dari kanal YouTube Tadabbur Ilmi pada 23 April 2021, berikut adalah ciri calon penghuni surga:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Dan didekatkanlah surga itu kepada orang-orang yang bertakwa pada tempat yang tidak jauh dari mereka. Inilah yang dijanjikan kepadamu (yaitu) kepada setiap hamba yang selalu kembali (kepada Allah) lagi memelihara (semua peraturan-peraturan-Nya). (Yaitu) orang yang takut kepada Tuhan yang maha pemurah sedang dia tidak kelihatan (olehnya) dan dia datang dengan hati yang bertaubat.” (QS. Qaf : 31-33).

1. Hamba yang selalu kembali kepada Allah

Ciri pertama yang menjadi ciri penghuni surga adalah orang yang selalu kembali kepada Allah SWT dari kemaksiatan.
Sebaik-baiknya manusia adalah yang selalu bertaubat seletah melakukan kesalahan, dan tidak mengulanginya lagi. Karena sesungguhnya Allah maha pengampun.

2. Orang yang memlihara aturan Allah

Mereka yang selalu memelihara aturan-aturan Allah SWT adalah menjadi ciri penghuni surga.
Ibnu Abbas mengatakan bahwa: “Maksud dari memelihara semua peraturan Allah SWT adalah ia memelihara apa pun yang sudah diamanatkan oleh Allah kepadanya. Dan mengerjakan apa yang sudah diwajibkan oleh Allah SWT.”

3. Orang yang takut kepada Allah SWT

Ciri selanjutnya dari penghuni surga adalah orang yang memiliki rasa takut kepada Allah SWT. Yang dimaksud dengan rasa takut adalah rasa cemas, gundah, dan khawatir karena adzab Allah SWT akibat melakukan perbuatan haram atau meninggalkan kewajiban, dan juga khawatir jika Allah SWT tidak menerima amal sholihnya.
Dengan rasa takut ini, jiwa akan terhalau untuk melakukan hal yang haram dan bergegas untuk melakukan kewajibannya.
Orang yang memiliki rasa takut seperti ini akan diberi ganjaran surga oleh allah SWT.

Allah SWT berfirman: “Orang yang takut kepada Allah akan mendapatkan dua surga. Maka nikmat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan? Kedua surga itu mempunyai pohon-pohon dan buah-buahan” (QS. Ar-Rahman/55: 46-48).

4. Datang dengan hati yang bertaubat kepada Allah SWT atau hati yang inabah

Ciri terakhir seorang hamba yang memliki ciri penghuni surga adalah datang dengan hati yang bertaubat kepada Allah SWT.
Allah SWT berfirman: “Hai orang-orang yang beriman bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengan dia, sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: ‘Ya Tuhan kami sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; sesungguhnya Engkau Maha kuasa atas segala sesuatu.” (QS. At-Tahrim: 8).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *