Sukseskan Muktamar Surabaya, IPHI NTB Gelar Rakerwil

Rakerwil PW IPHI NTB
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Mataram, NTB,  Hajinews.id,- Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Nusa Tenggara Barat melaksanakan rapat kerja wilayah  sebagai tindak lanjut dari rapat kerja nasional XVII Ikatan Persaudaraaan Haji Indonesia. Rakerwil berlangsung di hotel Lombok Plaza Mataram Nusa Tenggara Barat, Sabtu (14/8/2021).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Bapak H. M. Sukiman Azmy yang juga sebagai Bupati Kabupaten Lombok Timur ini menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pengurus IPHI baik di wilayah maupun pengurus di daerah, walau pandemi covid 19 membatasi ruang gerak aktifitas IPHI. Pada kesempatan tersebut PW IPHI  juga menyampaikan bahwa Pemda Kab. Lombok Timur akan menghibahkan lahan seluas 2 Ha yang bertempat  di  Labuhan Haji kepada PD IPHI Lombok Timur untuk membangun miniatur pelaksanaan ibadah haji sekaligus sebagai sarana  untuk tempat praktek pelaksanaan ibadah haji, Klinik Haji, dan Koperasi Haji, oleh karena itu silahkan mengajukan proposal ke Pemda,  demikian H. Sukiman mengakhiri arahannya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kegiatan yang berlangsung selama sehari ini, bertujuan untuk mensosialisasikan hasil rapat kerja nasional XVII yang telah dilaksanakan secara daring pada tanggal 31 Juli 2021 yang lalu oleh Pengurus Pusat IPHI kepada seluruh para Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia dan Pengurus Daerah Kabupaten dan Kota se Nusa Tenggara Barat dalam rangka persiapan menghadiri  Muktamar VII yang akan berlangsung di Kota Surabaya Jawa Timur pada tanggal 21-22 Agustus 2021 yang akan datang. Kegiatan ini dihadiri oleh  seluruh Pengurus Harian, para ketua biro PW IPHI, Pengurus MTP IPHI serta Ketua dan Sekretaris PD IPHI Kabupaten dan Kota.

Selain dari pada itu kegiatan ini juga bertujuan pemberian mandat kepada Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Indonesia oleh Pengurus Daerah IPHI Kabupaten/Kota se Nusa Tenggara Barat dan Majelis Taklim Perempuan /MTP IPHI Prov. NTB sepakat menunjuk Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Provinsi NTB H. M. Sukiman Azmy untuk mewakili NTB menghadiri Muktamar VII yang di tandai dengan penandatangan Mandat tersebut secara resmi oleh seluruh perwakilan PD IPHI Kabupatan/Kota dan MTP IPHI Prov. NTB. Penunjukan perwakilan ini disampaikan oleh PD IPHI  tanpa paksaan di pimpin oleh Prof. Dr. H. M. Taufiq, M. Ag  dan Dr. H. M. Jalalusyayuti, S. Pd, M. Pd selaku wakil ketua II dan Wakil Ketua IV.

Rakerwil IPHI NTB

Sedangkan rancangan rekomendasi Muktamar VII IPHI, seluruhnya disepakti oleh seluruh peserta tanpa ada perubahan. Dimana rekomendasi ini adalah hasil analisa SWOT terhadap keberadaan IPHI dan potensi pengembangannya oleh PP IPHI, Rekomendasi ini antara lain berkaitan dengan  Internal IPHI itu sendiri, dan ekternal serta merekomendasikan perbaikan penyelenggaraan ibadah haji dan umrah dari sisi 1) regulasi 2) aspek pembinaan daftar tunggu 3)aspek rekruitmen dan kinerja petugas 4) aspek operasional pelayanan jamaah haji 5) dan aspek pengelolaan dana haji.

Pada kesempatan tersebut, peserta rakerwil juga menyetujui calon jamaah haji dan atau yang sudah Umrah (haji kecil) dapat dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan IPHI, supaya mereka dapat membekali diri lebih baik untuk meraih haji mabrur dan berkontribusi dalam berbagai kegiatan lainnya di IPHI. Akibat dari antrian haji yang semakin panjang mengakibatkan usia rata-rata berhaji semakin tua, jika IPHI hanya merekrut anggotanya dari alumni haji dikhawatirkan anggota baru dan tentunya pengurus baru IPHI ke depan mayoritas terdiri dari anggota yang usianya masuk katergori lansia yang produktifitannya terbatas.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan dilaksanakan dengan Prorokol Kesehatan yang sangat ketat untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan seluruh peserta selama berlangsungnya kegiatan dengan harapan  terhindar  dari  penularan Covid -19. (Ida)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *