Kisah Ketika Kisra Persia Merobek Surat Rasulullah dan Membuat Kekuasaannya Berakhir Tragis

Kisah Ketika Kisra Persia Merobek Surat Rasulullah
Kisah Ketika Kisra Persia Merobek Surat Rasulullah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Suatu ketika Rasulullah SAW memerintahkan salah satu orang bernama Syuja’ bin Wahb al Asadi untuk menyampaikan surat kepada Kisra, Raja Persia. Surat tersebut berisikan tentang ajakan Rasulullah SAW untuk memeluk agama Islam.

Setibanya di Persia, ternyata Kisra sudah mengumpulkan para pembesar kerajaan di sebuah aula istana yang sebelumnya sudah dihias demi menyambut kedatangan utusan Rasulullah SAW tersebut. Kemudian Syuja’ diizinkan masuk ke aula istana itu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kala itu, seseorang pengawal kerajaan diminta untuk mengambil surat Rasulullah SAW itu di tangan Syuja’. Akan tetapi Syuja’menolaknya dengan alasan surat tersebut harus diserahkan langsung kepada Kisra Persia.

Akhirnya Syuja’ diizinkan menyerahkan surat itu kepada Kisra. Kemudian Kisra memerintahkan juru tulisnya yang berasal dari Kota Hiirah untuk membacakan surat tersebut serta menerjemahkan kepadanya.

Ketika surat tersebut baru dibacakan beberapa kata yang berbunyi: “Dari Muhammad, hamba Allah dan Rasul-Nya, kepada Kisra, Raja Persia…!”

Sontak sang Kisra langsung berteriak marah. Ia merasa tersinggung karena nama Rasulullah SAW disebutkan terlebih dahulu daripada namanya sebagai Raja Persia. Lantas ia mengambil surat tersebut dari tangan juru tulisnya dan ia langsung merobeknya. Dengan perasaan marah, ia mengusir Syuja’ dari aula istana Kisra.

Karena situasi sudah mulai tidak kondusif, akhirnya Syuja’ segera bergegas dari istana dengan menaiki kendaraannya hingga memacunya dengan secepat-cepatnya. Kemudian Syuja’ berkata, “Demi Allah aku tidak peduli akan berada dimana dari dua jalan ini, karena aku telah menyampaikan surat Rasulullah SAW kepada Kisra.”

Sesampainya di hadapan Rasulullah SAW, Syuja’ bercerita tentang apa yang terjadi sesungguhnya. Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Sebenarnya Kisra telah mengoyak-koyak kerajaannya sendiri, sebagaimana ia merobek-robek suratku.”

Sebelumnya, diketahui bahwa sebenarnya telah memerintahkan orang-orangnya untuk memanggil Syuja’ untuk menghadapnya kembali, akan tetapi Syuja’ tidak tersusul. Kisra Persia kemudian memerintahkan wakilnya di Yaman yang bernama Badzan untuk mengirimkan dua orang menemui Rasulullah SAW, dan memerintahkan Rasulullah SAW untuk menghadap Kisra.

Pada saat dua orang utusan yang bernama Abanauah dan Jadd Jamirah ini sampai di Madinah dan menghadap Rasulullah SAW, beliau menyuruh mereka beristirahat dahulu dan menemui beliau lagi esok harinya. Keesokan harinya, dalam pertemuan itu, Rasulullah SAW mengabarkan bahwa Allah SWT telah membinasakan Kisra, dan membuat putranya Syiruyah mengalahkan dan membunuhnya sendiri. Subhanallah.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *