Hikmah Siang : 10 Dosa Meninggalkan Sholat 5 Waktu dalam Islam

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id  – Sholat 5 waktu merupakan ibadah wajib bagi seluruh umat Islam. Ibadah tersebut termasuk salah satu dari 5 rukun Islam. Maka penting bagi umat Islam, untuk melaksanakan sholat 5 waktu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dosa Meninggalkan Sholat Wajib

Meninggalkan sholat wajib dengan sengaja, akan mendapat dosa yang sangat besar, berikut diantaranya:

1. Mendapat dosa yang lebih besar dari dosa lain

Ibnu Qayyim Al Jauziyah rahimakumullah mengatakan,”Kaum muslim bersepakat bahwa meninggalkan sholat lima waktu dengan sengaja adalah dosa besar yang paling besar. Lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum-minuman keras.”

Hal tersebut menandakan jika seseorang meninggalkan sholat dengan sengaja, harus siap menerima hukuman yang bahkan jauh lebih besar dari dosa lainnya.

2. Akan menemui Ghoyya, kecuali bertaubat

Seseorang yang meninggalkan sholat dengan sengaja, maka kelak akan menemui Ghoyya. Kecuali jika Ia sudah bertaubat.

Ghoyya adalah sungai di Jahanam, yang memiliki makanan sangat jijik dan sangat dalam tempatnya. Menjadi tempat bagi orang-orang yang tidak melaksanakan sholat dan hanya mengikuti hawa nafsu.

3. Tidak termasuk saudara seiman

Allah SWT melalui firmannya, sudah memberikan peringatan dan menghubungkan antara persaudaraan yang terjalin dengan sesama muslim, yang sudah menjalankan sholat.

Apabila sholat tidak dikerjakan, maka ini mengartikan jika orang tersebut bukanlah saudara seiman dan konsekuensi yang harus diterima bukan mukmin sebab mukmin adalah saudara seperti firman Allah,” Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara.” (QS. Al Hujurat 49:10)

4. Melakukan tindakan syirik

Rasulullah SAW bersabda, yang menjadi pemisah diantara seorang hamba dengan kekufuran dan keimanan adalah sholat. Jika sholat sudah ditinggalkan, maka orang tersebut adalah melakukan syirik.

5. Sudah menjadi kafir

Umat Islam yang sudah meninggalkan sholat 5 waktu, tidak menjadi bagian dari Islam. Hukumnya adalah kafir, atau sudah keluar dari Islam. Seperti yang sudah disepakati para sahabat, yang dikatakan oleh Ibnul Qoyyim dalam kitab Ash-Sholah.

6. Berada 30 tahun di dalam neraka

Umat Islam yang meninggalkan sholat subuh, nantinya akan masuk ke dalam neraka selama 30 tahun. Durasi tersebut, sama dengan 60 ribu tahun saat di dunia.

Hal tersebut terjadi jika 1 kali saja meninggalkan sholat. Sehingga akan dilipatgandakan, jika dilakukan selama beberapa kali dan menjadi salah satu dosa meninggalkan sholat subuh.

7. Dosa berzina dengan orang tua kandung

Umat Islam yang meninggalkan sholat magrib sebanyak 1 kali saja, dosanya sudah sama seperti berbuat zina dengan orang tua kandungnya.

8. Tidak mendapatkan rida Allah SWT

Meninggalkan sholat isya, akan mendapatkan dosa berupa tidak akan mendapatkan rida Allah SWT dalam segala. Hal tersebut berlaku selama di bumi dan di bawah langit. Serta tidak mendapat nikmat dari Allah SWT, untuk makan dan minum.

9. Siksa sakaratul maut lebih berat

Umat Islam yang meninggalkan sholat 5 waktu, akan mendapatkan siksa saat sakaratul maut. Siksa tersebut berupa dalam keadaan yang sangat hina, meninggal dalam keadaan lapar, dan juga meninggal dalam keadaan haus.

10. Siksa dalam kubur lebih besar

Umat Islam yang sudah meninggalkan sholat 5 waktu, akan mendapatkan dosa besar dan akan disiksa dalam alam kubur lebih besar dibandingkan orang yang tidak meninggalkan sholat 5 waktu.

Allah SWT akan menyempitkan kuburannya, dalam keadaan yang paling sempit. Serta kuburannya akan sangat gelap, dan akan terus disiksa tiada henti sampai akhirnya hari kiamat datang.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *