Hikmah Pagi : 5 Nasihat Rasulullah SAW untuk Kaum Wanita Agar Jadi Penghuni Surga

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Wanita memiliki kedudukan yang mulia dalam Islam. Begitu istimewanya hingga menjadi nama salah satu surat dalam Alquran.

Rasulullah SAW juga menerangkan istimewanya wanita dalam beberapa hadis. Salah satunya hadis yang menerangkan tingginya derajat seorang wanita sebagai seorang ibu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah: ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah seharusnya aku harus berbakti pertama kali?’. Rasulullah memberikan jawaban dengan ucapan ‘Ibumu’ sampai diulangi tiga kali, baru kemudian yang keempat Nabi mengatakan ‘Ayahmu’.” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548).

Namun dalam suatu hadis riwayat Imam Bukhari, Muslim dan Tirmidzi diceritakan bahwa penghuni neraka terbanyak adalah dari golongan perempuan:

وَقمْتُ عَلَى بَابِ النَّارِ، فَإِذَا عَامَّةُ مَنْ دَخَلَهَا النِّسَاءُ

Artinya: “Saya (Rasulullah Saw) berdiri di depan pintu neraka. Kebanyakan orang yang masuk neraka adalah perempuan.”

Rasulullah Saw menyampaikan pesan dan nasehat yang melimpah bagi wanita.

Simak 5 nasihat Rasulullah SAW berikut agar Anda menjadi wanita penduduk surga:

Nasehat Rasulullah untuk Muslimah:

“Wahai Fatimah! Sesungguhnya wanita yang membuat tepung untuk suami dan anak-anaknya, kelak Allah akan tetapkan baginya kebaikan dari setiap biji gandum yang diaduknya, dan juga Allah akan melebur kejelekan serta meningkatkan derajatnya.”

Rasulullah juga memberi nasehat:

“Wahai Fatimah! Sesungguhnya wanita yang berkeringat ketika menumbuk tepung untuk suami dan anak-anaknya, niscaya Allah akan menjadikan antara neraka dan dirinya tujuh tabir pemisah.”

2. Merawat anak dengan kasih sayang

Nasehat Rasulullah untuk Muslimah:

“Wahai Fatimah! Sesungguhnya wanita yang meminyaki rambut anak-anaknya lalu menyisirnya dan kemudian mencuci pakaiannya, maka Allah akan tetapkan pahala baginya seperti pahala memberi makan seribu orang yang kelaparan dan memberi pakaian seribu orang yang telanjang.”

3. Bersikap baik kepada tetangga

Nasehat Rasulullah untuk Muslimah:

“Wahai Fatimah! Sesungguhnya wanita yang membantu kebutuhan tetangga-tetangganya, maka Allah akan membantunya untuk dapat meminum telaga Kautsar pada hari Kiamat nanti.”

4. Berbakti kepada suami

“Wahai Fatimah! Yang lebih utama dari seluruh keutamaan di atas adalah keridhaan suami terhadap istri. Andaikata suamimu tidak ridha kepadamu, maka aku tidak akan mendoakanmu. Ketahuilah Fatimah, kemarahan suami adalah kemurkaan Allah.”

5. Melayani suami dengan keikhlasan

Nasihat Rasulullah untuk Muslimah:

“Wahai Fatimah! Di saat seorang istri melayani suaminya selama sehari semalam, dengan rasa senang dan ikhlas, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya serta memakaikan pakaian padanya di hari kiamat berupa pakaian yang serba hijau. Dan menetapkan baginya setiap rambut pada tubuhnya seribu kebaikan. Allah pun akan memberikan kepadanya pahala seratus kali ibadah haji dan umrah.”

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *